02 October 2023, 15:35 WIB

Apple Perbarui Software untuk Atasi Overheat di iPhone 15


Rahmatul Fajri | Weekend

forbes.com
 forbes.com
ilustrasi

SEJUMLAH pengguna iPhone 15 dan iPhone 15 Pro sepekan terakhir mengeluhkan perangkat baru mereka terlalu panas atau overheat. Menanggapi keluhan tersebut, Apple mengumumkan bahwa pembaruan software atau perangkat lunak sedang dalam proses untuk mengatasi masalah tersebut.

Dilansir dari 9to5Mac, Apple mengatakan mereka telah mengidentifikasi bug di iOS 17 yang membuat overheating di iPhone 15 dan iPhone 15 Pro. Untuk itu, Apple akan mengatasi bug itu dengan melakukan pembaruan perangkat lunak dengan aplikasi pihak ketiga yang membebani sistem iPhone.

Apple mengatakan mereka bekerja secara langsung dengan para pengembang tersebut untuk memperbaiki masalah ini. Menurut Apple, beberapa aplikasi yang membebani CPU iPhone dan menyebabkan perangkat menjadi terlalu panas adalah Asphalt 9, Instagram dan Uber. 

"Kami telah mengidentifikasi beberapa kondisi yang dapat menyebabkan iPhone menjadi lebih panas dari yang diharapkan. Perangkat mungkin terasa lebih panas selama beberapa hari pertama setelah mengatur atau memulihkan perangkat karena peningkatan aktivitas ponsel," kata pihak Apple dilansir dari 9to5, Senin (2/9).

"Kami juga menemukan bug di iOS 17 yang berdampak pada beberapa pengguna dan akan diatasi dalam pembaruan perangkat lunak. Masalah lain melibatkan beberapa pembaruan terbaru untuk aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan mereka membebani sistem. Kami bekerja sama dengan para pengembang aplikasi ini untuk melakukan perbaikan yang sedang dalam proses peluncuran."

Baca juga: Apple Optimis iPhone 15 akan Jadi Konsol Game Terbaik di Dunia

Apple menyebut desain titanium dari iPhone 15 Pro tidak dapat disalahkan atas masalah overheat. Desain baru sebenarnya menghasilkan pembuangan panas yang lebih baik daripada iPhone sebelumnya yang terbuat dari baja tahan karat.

Terakhir, Apple menekankan tidak ada risiko keamanan bagi pengguna iPhone dan tidak ada dampak pada kinerja jangka panjang dengan masalah overheat itu. iOS memiliki sistem yang kuat untuk mencegah panas berlebih. Jika komponen interior menjadi panas secara tidak normal, iOS akan melindungi komponen tersebut dengan mencoba mengatur suhunya. Namun, belum ada kabar kapan pembaruan iOS 17.0.3 akan dirilis.

Diketahui, saat ini, Apple telah merilis iOS 17, iOS 17.0.1, dan iOS 17.0.2 ke publik. Perusahaan ini juga sedang menguji coba iOS 17.1 dalam versi beta, yang diperkirakan akan dirilis pada akhir Oktober.(M-4)

BERITA TERKAIT