29 December 2022, 19:08 WIB

Komunitas Utan Kayu Rilis Buku Membaca Goenawan Mohamad


Putri Rosmalia | Weekend

Dok. MI/Putri
 Dok. MI/Putri
Buku Membaca Goenawan Mohamad

Komunitas Utan Kayu meluncurkan buku berjudul Membaca Goenawan Mohamad. Buku tersebut diluncurkan sebagai salah satu wujud perayaan ulang tahun Goenawan Mohamad ke-80 di tahun 2021 lalu.

Editor buku tersebut, Ayu Utami, mengatakan Goenawan Mohamad atau yang akrab disapa GM memiliki sumbangsih besar pada dunia pemikiran, seni, jurnalistik, dan dinamika demokrasi di Indonesia. Namun, kajian lintas disiplin dan pembacaan kritis atas isi pemikirannya belum serius dilakukan.

"Indonesia akan sangat kehilangan kalau tak ada lagi sosok Goenawan Mohamad," ujar Ayu, dalam acara peluncuran buku Membaca Goenawan Mohamad, di Komunitas Utan Kayu, Jakarta, Kamis, (29/12).

Buku tersebut merupakan kumpulan tulisan beberapa tokoh tentang sosok, gagasan, pemikiran, hingga polemik yang terkait dengan GM sepanjang hidupnya. Tulisannya berasal dari Seminar Membaca Goenawan Mohamad yang diadakan pada Maret 2022 lalu.

Diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia, total 16 artikel yang termuat dalam buku tersebut. Beberapa penulis yang terlibat adalah Rizal Mallarangeng, Nirwan Dewanto, Ayu Utami, dan Ulil Abshar Abdalla.

"Saya bersyukur dan berterima kasih pada Komunitas Utan Kayu yang telah menyusun buku ini. Yang dihadirkan dalam buku ini bukan tentang sosok GM tapi ide-ide yang muncul dari GM. Saya rasa itu yang memang dibutuhkan oleh Indonesia," tutur GM, di kesempatan yang sama.

GM berharap buku tersebut dapat bermanfaat bagi jalannya kehidupan masyarakat Indonesia secara luas. Ia juga berharap himpunan ide yang pernah ia suarakan dan tersaji lewat tulisan di buku tersebut bisa tersampaikan dengan tepat bagi pembacanya.

(M-4)

BERITA TERKAIT