28 September 2022, 12:00 WIB

Tips Mencegah Minyak Meletup dan Berceceran saat Menggoreng


Nike Amelia Sari | Weekend

Unsplash.com/Rani George
 Unsplash.com/Rani George
Ilustrasi: Menggoreng

Seringkali saat memasak ikan, udang, dan makanan lainnya, minyak akan meletup dan berceceran. Cara yang paling efektif untuk mencegah sesuatu adalah dengan mengetahui apa penyebabnya sehingga Anda dapat menghilangkan faktor-faktor apa saja yang dapat memicu terjadinya hal tersebut.

Jadi, apa yang menyebabkan minyak meletup dan memercik?  Minyak muncul ketika uap air dalam minyak goreng menguap dengan cepat menjadi uap saat panas.  Air yang cepat menguap mendorong keluar lemak di sekitarnya dari penggorengan Anda ke tempat lain, menyebabkan percikan minyak.  Bahkan sedikit air dalam makanan dan minyak goreng dapat menyebabkan minyak meletup dan memercik.

Penguapan air yang cepat mirip dengan ledakan kecil dan terjadi ratusan kali hanya dalam hitungan detik. Karena makanan Anda, termasuk sayuran dan daging, mengandung sedikit air, minyak bisa memercik saat Anda memasukkannya ke dalam wajan dengan minyak panas.

Jadi, secara realistis, Anda tidak dapat sepenuhnya dapat mencegah minyak memercik, terutama jika menyangkut makanan yang mengandung air seperti bawang putih dan bawang merah.

Namun demikian, ada beberapa metode efektif yang dapat Anda coba untuk mencegahnya. Berikut beberapa cara mencegah minya meletup dan memercik saat menggoreng, seperti dilansir dari situs Kitchenicious, situs makanan dan dapur sehat.

1. Kurangi kelembapan dalam makanan

Faktanya, mengeringkan makanan Anda dengan benar sebelum memasukkannya ke dalam wajan panas memberikan solusi paling efektif untuk mengurangi percikan minyak.

Inilah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kelembapan dalam makanan dan wajan.
- Keringkan bahan-bahan masakan secara menyeluruh sebanyak mungkin dengan menepuk atau mengeringkannya dengan kertas dapur atau handuk bersih.
- Saat mengambil daging yang diasinkan, biarkan daging meneteskan cairan berlebih, atau tekan ke sisi mangkuk sebelum melapisinya.
- Pastikan wajan kering sebelum menambahkan minyak.
- Anda tidak boleh memasukkan makanan beku atau sebagian beku, termasuk sayuran beku, ke dalam minyak panas tanpa menunggunya sebentar.

Kentang goreng, misalnya, mengandung banyak air di permukaannya.  Itu sebabnya restoran biasanya membiarkannya sekitar 10 hingga 20 menit sebelum menggorengnya.

Membiarkan makanan beku atau sangat dingin untuk beberapa waktu memungkinkan es di permukaan makanan mencair dan menguap sambil menaikkan suhunya.

2. Gunakan garam dan tepung
Tepung dan garam membantu menyerap kelembapan dari makanan. Anda bisa menaburkan sedikit garam atau tepung ke dalam minyak panas saat mulai menggelembung.  Namun, jangan menambahkan terlalu banyak.

3. Kontrol panas minyak.
Saat Anda ingin menggoreng apa pun di atas kompor, cobalah untuk memanaskan wajan dan minyak secara bertahap. Metode ini memberikan waktu agar uap air yang terperangkap di dalam lemak menguap dengan lembut alih-alih meletus dengan kuat.

4. Gunakan potongan daging yang tipis
Saat menggoreng, cobalah untuk mengurangi ketebalan makanan.  Goreng irisan tipis makanan atau potongan daging yang dikompres. (M-4)

 

BERITA TERKAIT