08 September 2022, 22:15 WIB

Masa Prapesan Dimulai, Ini Fitur-fitur Baru iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max


Putri Rosmalia | Weekend

Apple.com
 Apple.com
Apple secara resmi memulai masa prapesan dua produk iPhone terbarunya, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max

Apple secara resmi memulai masa prapesan dua produk iPhone terbarunya, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Pencinta Apple sudah bisa memesan kedua gawai tersebut mulai tanggal 9 hingga 18 September 2022 mendatang.

Dilansir dari apple.com, Kamis, (8/9), kedua produk tersebut diklaim Apple akan memiliki berbagai fitur baru yang sangat berguna bagi pemiliknya. Berbagai pembaruan dihadirkan, mulai dari dari sisi desain, ketahanan, prosesor, kamera, hingga fitur keamanan.

Secara umum dua gawai tersebut memiliki spesifikasi yang serupa. Perbedaan hanya terdapat di ukuran layar. iPhone 14 Pro memiliki ukuran layar selebar 6,1 inci, sedangkan iPhone 14 Pro Max memiliki layar dengan ukuran 6,7 inci.

Agar tak penasaran, berikut ini fitur-fitur baru yang hadir di dua gawai tersebut.

1.Emergency SOS dan Crash Detection
Apple terlihat sangat serius merancang gawai yang juga berguna sebagai pemantau keselamatan dan kondisi pemiliknya. Itu terlihat dari dua fitur baru yang terdapat di iPhone 14 Pro dan Pro Max, yakni Emergency SOS dan Crash Detection.
 
Dua fitur tersebut akan bekerja dengan mendeteksi kondisi darurat pada pemilik dua jenis gawai tersebut lewat sensor dan pemantauan satelit. Informasi kedaruratan akan dapat terkirim ketika gawai mendeteksi adanya kondisi tak biasa seperti guncangan kencang, benturan, hingga tenggelam. Notifikasi kondisi darurat akan terkirim ke beberapa nomor darurat yang telah diatur oleh pemilik gawai.

2.Kamera 48 MP
Dua gawai tersebut disebut pihak Apple sebagai yang paling unggul dibandingkan semua produk Apple dari sisi kamera. Kamera utamanya didukung dengan quad-pixel sensor dan Photonic Engine. Dua fitur itu akan membuat kualitas foto jauh lebih tinggi meski diambil pada lokasi yang sangat minim cahaya.

3.Prosesor A16 Bionic
iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max sama-sama dibangun dengan perangkat utama prosesor chip A16 Bionic. prosesor tersebut memiliki 6-Core CPU yang akan membuat kedua gawai tersebut akan beroperasi hingga 40% lebih cepat dibandingkan jenis telepon pintar lain yang ada di pasaran saat ini.

4.Dynamic Island
Ini merupakan fitur yang akan membuat tampilan iPhone 14 Pro dan Pro Max sangat beda dengan semua iPhone pendahulunya. Di dua gawai tersebut Apple menghilangkan notch atau panel berbentuk persegi yang selalu muncul di layar ketika gawai dihidupkan.

Sebagai penggantinya, dihadirkan sebuah panel baru bernama Dynamic Island. Dynamic Island merupakan panel pemuncul informasi dan sebagai jalan pintas atau shortcut berbagai fitur yang ada di dalam kedua gawai tersebut. Bentuknya seperti tabung memanjang yang terletan di bagian paling atas layar. Tak sedikit yang menyebutnya sebagai ‘poni’ baru pada iPhone.

5.Desain
Dua gawai tersebut hadir dengan desain yang sangat elegan dan modern. Keduanya memiliki empat pilihan warna yang trendi, yakni deep purple, silver, gold, dan space black. Rangkanya dibuat dari bahan stainless dan dengan lapisan keramik pada bagian depan yang membuat rangka secara keseluruhan sangat kokoh. (M-2)

BERITA TERKAIT