14 August 2022, 05:30 WIB

REINHARD DAN DEIBY SELVIA BIRA: Suara Merdu Pengantar Pertemuan


(*/M-1) | Weekend

MI/SUMARYANTO BRONTO
 MI/SUMARYANTO BRONTO
REINHARD DAN DEIBY SELVIA BIRA

KERUSUHAN Maluku Utara tahun 2000 berdampak perpisahan pasangan Yordan Bitjara - Deiby Selvia Bira dengan buah hati mereka, Reinhard. Di usia enam tahun, bocah yang disapa
Rein itu dibawa ke Manado oleh saudara satu kampungnya.

Rein kemudian dikirim ke sebuah panti asuh an di Tondano, Minahasa. Sebagai seorang ibu, Deiby tak tinggal diam ketika putra bungsunya menghilang. Ia nekat keluar dari Halmahera menuju ke Manado. “Saya kerja di rumah makan sambil cari Rein,” kata Deiby.

Sementara itu, Rein menghadapi masa sulit setelah lulus SMP. Panti tidak dapat membiayainya meneruskan sekolah hingga Rein, dengan modal suaranya yang merdu, memilih bekerja menjadi penyanyi kafe di Amurang,Minahasa Selatan.

Selama ngamen untuk memenuhi biaya sekolahnya, Rein mendengar kabar tentang ibunya yang bekerja di rumah makan di Minahasa. Kabar baik itu membuatnya mengamen dari
rumah makan ke rumah makan untuk bertemu dengan ibunya. “Cari (ibu) dengan ngamen di setiap rumah-rumah makan, saat saya SMK,” tutur Rein.

Tidak hanya mengamen, Rein juga menjadi pelayan kafe dan dari situlah ia berkenalan dengan wartawan yang menjadi pengunjung. Salah satunya adalah Amanda Komaling, jurnalis
Metro TV Sulawesi Utara.

Kisah Rein yang berjuang mencari ibunya kemudian diangkat ke media massa dan viral. Dari situlah kemudian Rein dihubungi seorang pria yang mengaku sebagai papa tirinya.

Upaya pencarian itu juga dibantu pihak kepolisian Amurang. Setelah mendapatkan alamat rumah ibunya dari papa tirinya, Rein akhirnya bertemu dengan ibunya pada April 2021.

“Pada awal (ketemu) belum yakin karena dari kecil belum pernah ketemu. Jadi pikirpikir kayaknya ini tipu nih, tipu nih,” ujar Rein sambil tertawa.

Namun, Deiby mengaku langsung yakin. “Saya yakin ini Rein karena dari tanda lahir Rein (di sekitar wajah Rein),” tutur Deiby.

Rein sempat tinggal di rumah sang ibu, tetapi kemudian ia harus kembali bekerja di sebuah toko di kota. Meski begitu, hubungan ibu dan anak itu terus terjalin.

Setelah berhasil bertemu sang ibu, Rein memiliki keinginan bertemu ayah kandungnya. Keinginan itu terwujud di acara Kick Andy yang menghadirkan Yordan Bitjara. Maka lengkaplah
kebahagiaan Rein yang di acara tersebut juga membawakan lagu berjudul Ayah. (*/M-1)

BERITA TERKAIT