10 August 2022, 14:25 WIB

Hore, Program Reporter Cilik Hadir Lagi!


Fathurrozak | Weekend

MI
 MI
Suasana pelatihan daring Reporter Cilik Media Indonesia 2022, Rabu (10/8).

Reporter Cilik menjadi salah satu program andalan Media Indonesia yang telah berjalan lebih dari sedekade. Tiap tahunnya, Media Indonesia membimbing para siswa SD dalam mempelajari ilmu jurnalistik. Salah satu yang juga pernah bergabung di program Repcil MI adalah aktris Tatjana Saphira saat ia masih duduk di bangku sekolah dasar.

Tahun ini, Repcil MI kembali hadir dan bekerja sama dengan Dikdasmen PP Muhammadiyah untuk mengajak para siswa SD/MI Muhammadiyah di seluruh Indonesia. Total, ada sekitar 79 peserta dari 13 provinsi di Indonesia. Mulai dari Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, dan Sumatra.

“Pelatihan ini ditujukan agar adik-adik bisa menulis dengan baik. Menulis tidak hanya SPOK seperti yang diajarkan oleh bapak dan ibu guru di sekolah. Tapi bagaimana tulisan itu jadi tulisan yang menarik,” kata Deputi Direktur Pemberitaan Media Indonesia Ade Alawi saat membuka program pelatihan Repcil MI secara virtual, Rabu, (10/8).

Sementara itu, Ketua Dikdasmen PP Muhammadiyah Sungkowo Mudjiamano menyampaikan harapannya kerja sama pertama kali PP Muhammadiyah dan Media Indonesia ini bisa menjadi salah satu cara memberikan edukasi yang bermanfaat bagi para siswa Muhammadiyah.

“Karena yang ikut adalah siswa kelas empat hingga kelas enam pendidikan dasar, diharapkan nantinya kami bisa memiliki para reporter cilik yang juga penting untuk kemajuan Muhammadiyah. Mudah-mudahan, siswa dari provinsi lain bisa menyusul di kesempatan mendatang,” kata Sungkowo.

Pelatihan Repcil MI dibuka dengan kelas pertama oleh editor Media Indonesia Bintang Krisanti yang menyampaikan materi terkait teknik wawancara.

Di antaranya, Bintang memberikan pemahaman tentang etika wawancara bagi para siswa Muhammadiyah. Seperti perkenalan diri, tidak perlu ragu meminta penjelasan lebih, dan selalu meminta izin baik saat mengajukan permohonan wawancara maupun saat mengambil foto dengan narasumber.

Para siswa pun terlihat antusias terbukti dengan banyaknya mereka yang mengajukan berbagai pertanyaan serta mencoba menjawab tantangan yang diberikan Bintang dalam kelas teknik wawancara.

Nantinya, usai menyelesaikan rangkaian pelatihan, para Repcil MI akan diberikan kesempatan untuk melakukan liputan dan tulisan terbaik akan dipublikasikan di surat kabar Media Indonesia. (M-2) 

BERITA TERKAIT