04 July 2022, 12:00 WIB

Segar dan Kaya Rasa dari Hotel Legendaris Bogor


Putri Rosmalia | Weekend

MI/ Agus Mulyawan
 MI/ Agus Mulyawan
Sop buntut hotel Salak The Heritage, Bogor.

DI balik arsitekturnya yang antik ala Eropa, hotel Salak the Heritage juga memiliki menu istimewa di restorannya. Di antara banyaknya pilihan menu makanan di sana, terdapat setidaknya enam sajian yang menjadi favorit para tamu yang datang. Itu adalah spaghrtti bolognese, chicken cordon bleu, nasi bakar, nasi goreng salak, chimichanga mexican kebab, dan sop buntut.

 

Head Chef Salak the Heritage, Untung Pribadi, ketika ditemui di Bogor, Kamis, (30/6), mengatakan meski keenamnya merupakan hidangan yang sudah cukup umum di berbagai restoran, pihaknya memberikan sentuhan khas.

 

"Menu sop buntut ini menjadi salah satu andalan kami dan paling favorit di sini. Ini kami buat dengan paduan bumbu sup dan rempah seperti kapulaga dan kayu manis,” ujar Chef Untung.

 

Tambahan beberapa rempah tersebut membuat kuah sop buntut tersebut tersebut jadi lebih segar dan kaya akan rasa. “Untuk dagingnya kami rebus dengan teknik api kecil selama tiga sampai empat jam sehingga benar-benar empuk dan gurih dagingnya keluar di kaldu,” tambahnya.

 

Sentuhan khas ala Salak the Heritage juga bisa ditemukan pada nasi bakar dan nasi goreng salak. Nasi bakarnya dengan lauk pendamping seafood asam manis, yang isiannya  adalahi udang, ikan kakap, dan jamur. Tak hanya itu, juga ditambahkan kacang mete yang sukses memberikan rasa dan tekstur unik. 

 

Di nasi goreng salak, toppingnya berupa abon sapi dan tambahan sate ayam. Juga terdapat lauk pendamping lain seperti ayam goreng, acar, dan telur mata sapi yang membuat hidangan bertambah lengkap.

 

<b>Keju dan Saus Salsa<p>

Di deretan sajian western, upaya menampilkan rasa lebih istimewa lewatv penggunaan keju parmesan. Sementara chicken cordon bleu menggunakan keju mozarella dan saus mushroom.

 

Untuk chimichanga mexican kebab, yang merupakan sajian paling baru, mereka menggunakan saus salsa.

 

Chimichanga mexican kebab dibuat dari roti paratha yang diisi dengan daging ayam giling yang telah dicampur dengan saus salsa khas Meksiko. Saus salsa dibuat dari campuran tomat, daun ketumbar, bawang putih, dan beberapa bumbu seperti garam sebagai perasa. Sebagai pelengkap rasa, chimichanga mexican kebab disajikan dengan tambahan saus keju dan mayones.

 

Dari sisi rasa, chimichanga mexican kebab memiliki kemiripan dengan taco dan nachos yang juga kerap menggunakan saus salsa. Namun, chimichanga mexican kebab ini memiliki tekstur lembut dan kenyal dari roti paratha dan daging ayam giling di dalamnya. 

 

 

Untuk minuman, terdapat banyak pilihan dengan ragam rasa yang menyegarkan. Di antaranya moctail chochee ice dan moctail honeydew series. Keduanya meghadirkan kombinasi rasa minuman yang menyegarkan dan dapat menjadi pelengkap kenikmatan setelah menyantap makanan.

 

Menu-menu makanan di Salak the Heritage dijual dengan harga yang bervariasi. Umumnya mulai dari Rp75 hingga 150 ribu. Sementara untuk minuman harganya sekitar Rp20--40 ribu. (Pro/M-1)

BERITA TERKAIT