04 July 2022, 08:25 WIB

Mengenang Sapardi, Iluni dan PPKB FIB UI Gelar Lomba Puisi untuk Siswa SLTA


Adiyanto | Weekend

MI/Tosiani
 MI/Tosiani
Alm Sapardi Djoko Damono

Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Budaya  (Iluni FIB) Universitas Indonesia menggelar lomba puisi untuk siswa SLTA se-Depok, Jawa Barat. Kegiatan yang bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya (PPKB FIB UI) ini, merupakan bagian dari rangkaian acara Festival Hujan Bulan Juni. Festival ini sebagai bentuk penghormatan terhadap penyair Sapardi Djoko Damono yang juga mantan dekan di  FIB UI.

Hujan Bulan Juni merupakan puisi karya almarhum Sapardi yang juga dijadikan judul salah satu buku kumpulan puisinya.  Buku ini telah diterbitkan ke berbagai bahasa di antaranya Jepang, Arab, Mandarin, dan Rusia. Berikutnya akan terbit dalam bahasa Thailand dan Serbia.

Menurut Joris Tutupoly, salah seorang panitia Festibal Hujan Bulan Juni, lomba puisi ini bertujuan untuk mengenalkan karya-karya Sapardi yang wafat pada 19 Juli 2020, di kalangan generasi muda. “Sekaligus merayakan puisi dan sastra di kalangan anak muda. Lomba ini adalah awal dari rangkaian Festival Hujan Bulan Juni, yang puncak acara nya akan diadakan di bulan Oktober 2022,” ujar alumnus arkeologi ini dalam penjelasannya, Minggu (3/7)

Lomba puisi ini berlangsung 1-31 Juli. Selain puisi bebas, peserta diwajibkan membawakan satu puisi karya Sapardi. Peserta yang masuk tiga besar, nantinya akan tampil pada puncak perayaan Festival Hujan Bulan Juni di FIB UI.

Adapun ketentuan lengkapnya untuk lomba puisi ini dapat dilihat di akun Instagram @hujanbulanjunifest.(M-4)

 

 

BERITA TERKAIT