22 June 2022, 15:15 WIB

Kembali Buka, Galerikertas Suguhkan Pameran Ondel-Ondel


Fathurrozak | Weekend

Dok. Galerikertas Studiohanafi
 Dok. Galerikertas Studiohanafi
Pameran Ondel-Ondel: yang Rural dan yang Urban karya Edi Bonetski di Galerikertas Studiohanafi, Jakarta. 

SEJAK 2020, Galerikertas Studiohanafi milik seniman Hanafi tidak menggelar pameran besar. Tahun ini, galeri yang berlokasi di Depok, Jawa Barat itu kali pertama kembali menghadirkan pameran tunggal.

 

Pameran bertajuk Ondel-Ondel: yang Rural dan yang Urban, akan menampilkan sekumpulan karya kertas oleh Edi Bonetski, seniman jalanan yang juga mendalami seni musik dan seni pertunjukan. Pameran ini merupakan respons Edi terhadap fenomena hilangnya memori kolektif masyarakat Indonesia terhadap sosok Ondel-Ondel yang bermula sebagai salah satu bentuk kesenian jalanan yang kaya akan sejarah dan kebudayaan.

 

“Dalam konteks kontestasi ruang rural dan urban inilah sejarawan Th. Pigeaud dalam bukunya yang masyhur Javaanse Volkvertoningen (1928) mengemukakan para raksasa dan mahluk halus masih hidup dalam memori kolektif masyarakat Jawa. Sosok-sosok besar itu maujud dalam kesenian berbentuk boneka-boneka raksasa. Dihadirkan dalam- perayaan upacara-upacara terpenting siklus kehidupan manusia di antero Jawa dan Bali,” kata sejarawan JJ Rizal dalam catatan pengantar pameran untuk Edi.

 

Dalam pembukaan yang dijadwalkan berlangsung 24 Juni 2022, akan dimeriahkan Balakaciprutskoy & Ipank Hore-Hore. Pengunjung yang ingin hadir di pameran yang akan berlangsung hingga 24 Juli 2022 ini diharapkan mengisi formulir terlebih dulu di https://bit.ly/Pameranbonetski. (M-1)

BERITA TERKAIT