11 June 2022, 10:55 WIB

Microsoft Sediakan Xbox App untuk Smart TV


Putri Rosmalia | Weekend

Dok. xbox.com
 Dok. xbox.com
Microsoft akan segera menyediakan Xbox App untuk digunakan di smart tv.

MICROSOFT akan segera menyediakan Xbox App untuk digunakan di smart tv. Dengan begitu, gim-gim XBox biasa dimainkan tanpa mesin konsol.

 

Dilansir dari cnbc.com, Jumat, (10/6), sebagai awalan aplikasi baru hanya akan bisa digunakan di smart tv Samsung yang akan segera dirilis 30 Juni 2022 mendatang di 27 negara. Setelahnya baru akan secara bertahap bisa digunakan di smart tv lainnya.

 

Sebagai alat bermain gim Xbox di smart tv, dapat digunakan perangkat pengontrol Sony Bluetooth-connected DualSense ataupun kontroler Xbox Microsoft.

 

Langkah Microsoft tersebut dilakukan untuk menggaet pemain gim dalam segmen yang lebih luas. Dengan begitu, pendapatan dari gim-gim yang mereka produksi juga dapat meningkat.

 

Hal itu tak mengherankan mengingat gim merupakan produk terbesar keempat bagi Microsoft. Pendapatan mereka dari gim sempat menurun tahun lalu setelah meningkat drastis di awal pandemi berlangsung.

 

Di tahun 2020, Microsoft merilis konsol gim terbaru mereka, Xbox Series X dan S. Namun, belakangan terjadi penurunan permintaan, salah satunya akibat penurunan waktu bermain gim masyarakat setelah pandemi yang mulai berakhir.

 

Selain itu mereka juga mengalami kendala dalam produksi perangkat kerasnya akibat karantina ketat di berbagai wilayah Tiongkok. Seperti diketahui, sebagian besar perangkat keras untuk Xbox diproduksi di Tiongkok. Sementara itu, belum diketahui gim apa saja yang akan dapat dimainkan lewat smart tv. (M-1)

BERITA TERKAIT