08 June 2022, 13:05 WIB

Memasyarakatkan Nilai Pancasila Melalui Seni Mural


mediaindonesia.com | Weekend

dok: Puspeka Kemendikbudristek
 dok: Puspeka Kemendikbudristek
Seni Mural di Makassar, Sulawesi Selatan

Tepat 1 Juni lalu, komunitas mural di 6 (enam) kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, dan Bali serentak memperingati Hari Kelahiran Pancasila. Hal itu diwujudkan melalui aktivitas seni mural di tiap titik berbeda.

Tak dinyana, aktivitas tersebut ternyata menarik minat masyarakat, bukan hanya komunitas mural di enam kota. Salah satu komunitas yang juga ikut tertarik berpartisipasi yaitu komunitas mural di Makassar.

Koordinator Doodle Art Makassar Halil mengaku bangga dapat turut serta memperingati Hari Kelahiran Pancasila melalui aktivitas seni mural guna membangkitkan kembali jiwa pancasila generasi muda.

“Saya harap melalui gambar ini, masyarakat Indonesia khususnya teman-teman pelajar di Makassar bisa turut menjaga nilai-nilai Pancasila di manapun dan kapanpun,” ungkapnya, seperti tertera dalam keterangan resmi, Puspeka Kemendikbudristek, Rabu (8/6).

Aktivitas seni mural yang dilakukan selain sebagai wujud rasa bangga komunitas dalam memaknai Hari Kelahiran Pancasila, sekaligus untuk memperkenalkan nilai-nilai luhur Pancasila yang tergambar dalam Profil Pelajar Pancasila.

Profil Pelajar Pancasila yang dimaksud adalah  Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, Berkebinekaan Global,  Gotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, serta Kreatif.

Diharapkan, kegiatan masyarakat yang semakin masif dalam mengamalkan Profil Pelajar Pancasila, termasuk melalui aktivitas seni mural sehingga dapat mempercepat terciptanya tata kehidupan yang harmonis dan selaras dengan nilai luhur Pancasila.

Berbagai kreasi kegiatan positif yang sejalan dengan nilai luhur itupun diyakini bisa menjadi jembatan untuk para pelajar/pemuda dalam memaknai nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh enam komunitas ini sejalan dengan semangat Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang turut memperingati hari lahirnya Pancasila.

Sebagai bentuk apresiasi atas inisiatif generasi muda, Puspeka Kemendikbudristek akan mengakadan kompetisi serupa  yang dapat diikuti oleh para Pelajar. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kompetisi tersebut dapat dilihat melalui media sosial Puspeka Kemendikbudristek di Instagram: @cerdasberkarakter.kemdikbudri atau Facebook: Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI. (RO/M-4)

BERITA TERKAIT