08 June 2022, 11:40 WIB

Ramengvrl, NDXAKA, hingga Iwa K Tampil di Flavs Festival 2022


Fathurrozak | Weekend

MI/ Fathurrozak
 MI/ Fathurrozak
Deretan para penampil Flavs Festival 2022.

SETELAH menggelar dua edisi awalnya versi daring, Flavs Festival tahun ini akan berlangsung secara hibrida. Untuk luring, Flavs 2022 akan berlangsung di Istora Senayan pada 10-11 September 2022. Festival yang tahun ini memasuki tahun ketiganya itu juga akan tetap menghadirkan versi daringnya dengan beberapa pembaruan.

 

Mengusung tema Revival, Flavs ingin menjadikan festival ini sebagai rumah bagi musik hip hop, rnb, dan soul. Dengan merangkul berbagai musikus dan kelompok musik di genre tersebut.

 

Penyelenggara pun telah mengumumkan fase pertama para penampil. Mereka adalah Afgan, Basboi, Blakumuh, Insthinc, Iwa K, Joe Million,  Juicy Lucy, Raisa, Ramengvrl, Rizky Febian, Saykoji, T-Five,  Teza Sumendra, The Couch Club, Tiara Andini, Tuan Tigabelas & REP, dan Yura Yunita.

 

Selain mereka, Flavs juga memberikan panggung bagi para musikus hip hop dan rnb dari luar Jakarta. Di antaranya adalah OrangHutan Squad (Aceh), Wasaka (Kalimantan Selatan), NDXAKA (Yogjakarta), Negatif Satu (Manado), Ghetto Side (Alifuru Hip Hop, Sangsaka, Tickang Palungku) (Ambon), MukaRakat (Melanesia), Januarta The Goat (Kupang), dan Block8 (Sorong).

 

“Kurasi para penampil sangat kami pikirkan. Memang ada yang sudah tampil pada 2020 dan 2021, tahun ini main kembali. Tapi paling tidak ada pergantian penampil. Bergiliran. Tidak cuma dari Jakarta, tetapi dari banyak daerah di Indonesia. Selain tema Revival, kami juga angkat tema Bhinneka Tunggal Hip Hop,” kata Direktur Program Flavs Festival Yacko, dalam konferensi pers yang berlangsung di Ecology Bistro Kemang, Jakarta Selatan, Selasa, (7/6).

 

Di samping itu, Yacko juga menanggapi pertanyaan Media Indonesia masih sedikitnya rapper atau musikus hip hop perempuan yang muncul di penampil fase pertama yang diumumkan. Ia mengakui memang masih sedikit regenerasi perempuan di genre hip hop. Meski saat ini sudah cukup bermunculan nama-nama baru. Ia juga menegaskan tidak ada pembedaan gender bagi rapper. Namun ia berharap nantinya akan semakin banyak perempuan yang terjun di genre hip hop.

 

Direktur festival Flavs M Riza (Bhokero) juga membocorkan di festival nanti akan ada proyek khusus para perempuan musikus di genre hip hop. Pada pengumuman penampil fase kedua dan ketiga nantinya juga akan bertambah lagi nama-nama musikus hip hop perempuan.

 

Untuk menjaring generasi baru hip hop, Flavs juga mengadakan kompetisi Nu Icon, yang tujuannya mencari para musikus di genre ini yang baru berkembang. Mereka diminta mengunggah karya lagu di media sosial untuk dikurasi tim festival. Dalam seleksi ini terbagi menjadi empat wilayah, Sumatra dan Kalimantan, Jawa-Bali, Sulawesi dan Maluku, serta NTT, NTB, dan Papua. Mereka yang terpilih akan ikut tampil di Flavs 2022 di Istora.

 

Sementara, format virtual festival diperbarui dengan memberikan fitur kamera 360. Mereka yang tidak berkesempatan hadir ke lokasi, bisa merasakan sensasi berkeliling dari panggung ke panggung dan melihat keriaan festival dengan fitur tersebut.

 

Saat ini, tiket pun sudah bisa dipesan di situs resmi Flavs. Dengan harga mulai dari Rp250 ribu untuk dua hari (early bird) yang tersedia terbatas. Selanjutnya akan tersedia tiket pra-pesan Rp400 ribu untuk dua hari, dan tiket reguler Rp500 ribu untuk dua hari. Sementara tiket per harinya dibanderol Rp250 ribu (pra-pesan) dan Rp325 ribu (reguler). Bagi penonton festival virtual, mereka dikenakan tiket Rp50 ribu per hari dan Rp75 ribu untuk dua hari.

 

Tuan Tigabelas yang kini berjalan dengan proyek solonya pun mengatakan kegembiraannya dengan hadirnya Flavs Festival secara luring.

 

“Senengnya luar biasa. Gue kan mulai (musik) dengan band gue, REP. Dan terakhir gue bermain dengan mereka di suatu festival musik itu lima-enam tahun lalu. Dan sekarang di Flavs gue main bareng mereka lagi. Jadi pengen kasih yang terbaik, udah workshop juga. Pengen kasih epic comeback lah,” katanya dalam kesempatan sama dengan Yacko.

 

Igor Saykoji yang juga akan tampil di Flavs membeberkan dirinya akan bermain dengan versi band utuh. Berbeda dengan biasanya ketika ia cuma bermain dengan pengiring DJ.

 

Dedengkot hip hop Indonesia, Iwa K juga mengatakan dia akan bermain dengan format band utuh. Dia juga akan memberikan kejutan di Flavs dengan merilis lagu tunggal (single) terbarunya. (M-1)

BERITA TERKAIT