23 May 2022, 07:10 WIB

Mengenal Lebih Dekat Sistem Peternakan Ayam McDonald's Indonesia


Humaniora | Weekend

Dok. McDonald's Indonesia
 Dok. McDonald's Indonesia
Peternakan ayam PT QL Trimitra di Cianjur

WARALABA McDonald’s Indonesia mengajak masyarakat melihat lebih dekat sistem peternakan ayamnya untuk menunjukan komitmennya dalam memberikan kualitas makanan terbaik bagi keluarga Indonesia. 

Associate director of communications McDonald’s Indonesia mengatakan, "McDonald's Indonesia Sutji Lantyka mengatakan bahwa masyarakat Indonesia saat ini memiliki kecenderungan untuk semakin memperhatikan mutu makanan yang dikonsumsi. "Mereka tidak hanya mencari kualitas rasa, namun juga memperhatikan keamanan dari mutu makanan" kata dia dalam konferensi pers daring, Rabu (18/5).

"McDonald’s Indonesia berinisiatif untuk mengajak masyarakat mengetahui lebih lanjut bagaimana kami menjaga kualitas bahan makanan dengan cara menerapkan berbagai prosedur dan standardisasi yang memastikan kesejahteraan ayam di peternakan untuk menghasilkan daging ayam berkualitas tinggi yang akan dinikmati oleh konsumen," imbuhnya. 

Baca juga: Dani Ferdian : Dokter yang Dekat dengan Warga

QA Manager McDonald’s Indonesia Imam Gazali menuturkan, McDonald’s Indonesia menerapkan prinsip kesehatan dan kesejahteraan hewan dengan proses pengecekan kesehatan secara berkala. Pihaknya juga menggunakan sistem ventilasi khusus untuk menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk, memberikan ruang gerak yang cukup, melakukan kontrol kualitas dan kuantitas pakan ternak serta menciptakan lingkungan dan tempat berjalan yang menyerupai habitat alami.

Selain itu, pihaknya juga menerapkan prosedur keamanan hayati atau biosecurity. Prosedur ini meliputi sanitasi yang berarti menjaga kebersihan semua elemen, baik dari para pekerja hingga ekosistem kandang, juga proses isolasi, yakni sebuah tindakan untuk mencegah kontak di antara hewan pada suatu area atau lingkungan. Tindakan yang paling penting dalam pengendalian penyakit adalah meminimalkan pergerakan hewan dan kontak dengan hewan yang baru datang.

"Sebagai salah satu menu yang menjadi favorit mayoritas masyarakat Indonesia, tentunya menjadi komitmen kami untuk dapat menjaga kualitas ayam yang disajikan. Semua prosedur dan sistem yang kami terapkan di kandang ayam sudah sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia," pungkasnya. (H-3)

BERITA TERKAIT