24 March 2022, 08:05 WIB

Pentingnya Mempelajari Bahasa Asing sejak Usia Dini


mediaindonesia.com | Weekend

dok Liongo talk
 dok Liongo talk
Tim Lingo talk

Meski masuk dalam kurikulum ajar sebagian besar sekolah di  Indonesia, pembelajaran bahasa asing sering berakhir sebagai ilmu yang mudah dilupakan oleh  sebagian besar murid. Jangankan fasih, tak jarang pelajaran bahasa asing menjadi hafalan yang  tidak diminati siswa hingga lulus. Namun, di era globalisasi, yang mendorong pasar kerja menjadi sangat kompetitif, kemampuan berbahasa asing menjadi salah satu tolak ukur seseorang untuk diterima dalam sebuah perusahaan.

Melihat realita tersebut, LingoTalk, sebuah platform edukasi teknologi yang berfokus pada penyampaian  pembelajaran bahasa yang efisien dengan dukungan sistem rekomendasi berbasis Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence), berupaya memperbaiki lanskap pembelajaran  bahasa asing di Indonesia dengan mengedepankan nilai personalisasi untuk menciptakan  pembelajaran bahasa asing yang efisien.

Hal tersebut berlaku untuk seluruh tingkatan termasuk LingoJunior yang dirancang untuk anak berusia 3-12 tahun. Saat ini LingoJunior memiliki lebih dari 5.000  pengguna aktif di seluruh Indonesia dan telah bekerja sama dengan lebih dari 150 mitra, di antaranya adalah Sekolah Murid Merdeka (SMM), BPK Penabur, dan  Sampoerna Academy.

Co-founder dan CEO LingoTalk, Andre Benito, dalam keterangan resminya yang diterima Media Indonesia mengatakan “Kami memahami adanya masalah inefisiensi dalam pembelajaran bahasa asing di Indonesia. Oleh karenanya, kami menciptakan pre-assessment dan LingoMethod untuk mengevaluasi pengetahuan dan gaya  belajar pengguna sehingga mereka mendapatkan apa yang sesungguhnya dibutuhkan.”

Andre menambahkan pihaknya berupaya menyediakan pembelajaran yang efektif dan efisien agar dapat membantu Indonesia mencapai skor di atas rata-rata pada Programme for International Student Assessment (PISA)  2025.

Untuk menghadirkan pembelajaran bahasa asing yang akurat dan terpersonalisasi  untuk segmentasi pasar PAUD dan anak, kata Andre, pihaknya akan  fokus melakukan akuisisi sekolah dan institusi pendidikan anak-anak. Upaya ini dilakukan  melalui pendekatan holistik guna memberikan edukasi kepada orang tua dan pendidik  terhadap pentingnya pembelajaran bahasa asing sejak dini.

"LingoTalk sangat menghargai peran guru dalam upaya memajukan pendidikan bangsa. Maka dari itu, solusi yang kami hadirkan juga akan memberikan kemudahan bagi pengajar untuk melakukan inovasi di dalam ruang kelas sehingga siswa dapat belajar dengan senang namun tetap mendapatkan hasil yang maksimal.” tutur Josephine Lovensa, founding team dan CSO LingoTalk. (RO/M-4)

 

BERITA TERKAIT