01 March 2022, 16:05 WIB

Lukisan Karya Basquiat ini Dibanderol Hampir Rp1 Triliun


Adiyanto | Weekend

Tolga Akmen / AFP
 Tolga Akmen / AFP
Lukisan Entitled karya seniman As, Jean-Michel Basquiat yang bakal dilelang

MILIARDER asal Jepang, Yusaku Maezawa bakal menjual salah satu koleksi lukisan miliknya pada pertengahan Mei mendatang. Lukisan berjudul Untitled (1982) yang merupakan karya seniman Amerika Serikat Jean-Michel Basquiat itu, dibanderol senilai US$70 juta atau sekitar Rp980 Miliar.

Menurut rumah lelang Phillips, dari hasil penjualan lukisan itu Maezawa berharap mendapat untung sekitar US$13 juta.  Lukisan dengan lebar 16 kaki itu dibeli Maezawa pada 2016 seharga US$57,3 juta.

Pendiri mal mode online terbesar di Jepang itu mengatakan mengoleksi lukisan adalah kesenangan terbesarnya. “Tapi seni harus dibagikan sehingga bisa menjadi bagian dari kehidupan setiap orang," ujarnya, seperti dilansir AFP, Selasa (1/3).

Menjelang penjualannya, karya seni itu akan ditampilkan di London, Los Angeles dan Taiwan. Maezawa, pada 2017 membuat rekor lelang baru ketika dia membayar US$110,5 juta untuk lukisan lain milik Basquiat. Dia berencana membuat museum baru untuk memamerkan koleksinya tersebut. Untuk diketahui, Basquiat merupakan seniman berkebangsaan Amerika Serikat. Dia mulai debutnya sebagai seorang seniman grafiti di Kota New York pada 1970-an dan berkembang menjadi seorang pelukis ekspresionis dan neo-primitif yang termasyur di abad 20.

Sebagai pecinta seni, Maezawa mendirikan Yayasan Seni Kontemporer di Tokyo dan masuk dalam daftar "200 Kolektor Teratas" 2017 oleh majalah ARTnews yang berbasis di New York. Belum lama ini, Maezawa menjadi berita utama karena menjadi turis pertama yang melakukan perjalanan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan badan antariksa Rusia.

Perjalanannya itu diyakini menelan biaya sekitar 10 miliar yen (US$87 juta), dan dia berencana untuk melanjutkan tamasyanya mengelilingi Bulan yang diselenggarakan oleh SpaceX milik Elon Musk. (M-4)

BERITA TERKAIT