26 February 2022, 19:57 WIB

Mengurus Hewan Peliharaan Berpotensi Mencegah Pikun


Nike Amelia Sari | Weekend

unsplash/chewy
 unsplash/chewy
ilustrasi: Pemilik anjing dan kucing

sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini mengungkapkan kucing dan anjing dapat melindungi pemiliknya dari kehilangan ingatan di kemudian hari dengan membantu mereka tetap bebas dari stres.  Pemilik hewan termasuk anjing, kucing, dan kelinci ditemukan memiliki lebih banyak kemampuan kognitif mereka ketika dilacak selama enam tahun. Untuk penelitian ini, tim menguji lebih dari 1.300 orang dengan usia rata-rata 65 tahun.

Para peserta studi diminta untuk mengingat daftar sepuluh kata, baik segera dan setelah lima menit. Mereka harus menghitung mundur dari 20, dan mundur dari 100 dengan mengurangi tujuh dari setiap angka.

Studi tersebut menemukan bahwa setelah enam tahun, pemilik hewan peliharaan jangka panjang melihat lebih sedikit penurunan skor rata-rata mereka pada tes ini daripada mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan. Ada semakin banyak bukti bahwa stres dapat menyebabkan penurunan kognitif dan para ahli percaya hewan peliharaan dapat membantu kita untuk tetap tajam secara mental dengan mengurangi stres.

Mereka yang memiliki anjing mendapat manfaat dari jalan-jalan teratur karena olahraga terkait dengan otak yang lebih sehat. Namun, penulis studi mengatakan orang dengan keterampilan berpikir yang lebih baik mungkin lebih berkemungkinan untuk memiliki hewan peliharaan, karena mereka dapat menangani banyak tuntutan mereka.

"Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa ikatan manusia-hewan mungkin memiliki manfaat kesehatan seperti penurunan tekanan darah dan stres. Hasil kami menunjukkan kepemilikan hewan peliharaan juga dapat melindungi terhadap penurunan kognitif," kata Dr Tiffany Braley, yang memimpin penelitian tersebut, seperti dilansir dari dailymail.co.uk, Kamis (24/2).

Namun, Dr Rosa Sancho, kepala penelitian di Alzheimer's Research Inggris mengungkapkan bahwa penelitian ini belum dipublikasikan dan belum mungkin untuk mengungkap alasan di balik hubungan yang telah diamati para peneliti. (M-4)

BERITA TERKAIT