26 January 2022, 23:55 WIB

Bumil, Ketahui Posisi Tidur yang Aman Sesuai Usia Kandungan


Nike Amelia Sari | Weekend

123RF
 123RF
Agar tidur lebih nyaman, bumil bisa tidur dengan bantal tertentu. 

Saat hamil, tubuh mengalami perubahan pasda hormon dan fisik. Sehingga ini memungkinkan juga untuk munculnya keluhan seperti nyeri otot, nyeri punggung, kram, dan lainnya. Tenu, kondisi yang tidak nyaman tersebut dapat mengganggu istirahat terutama saat tidur.

Sebab itu, ibu hamil sangat penting mengetahui posisi tidur yang aman dan nyaman agar waktu dan kualitas tidur tetap baik. Lalu seperi apa posisi tidur yang nyaman dan aman saat hamil? Dokter umum dan konsultan laktasi, dokter Gita Permatasari, MD menyarankan beberapa posisi tidur yang aman dan nyaman sesuai usia kandungan. 

"Trismester awal, tidur dengan posisi setengah duduk dan tidur miring ke kiri. Trimester kedua, menyamping ke kiri dan hindari posisi telentang. Trimester ketiga, miring ke kiri dengan bantuan bantal kehamilan," seperti dikutip dari instagram theasianparent_id, Selasa (25/1).

Melansir dari americanpregnancy.org, memang betul jika posisi tidur terbaik selama kehamilan adalah sleep on side (SOS) atau tidur miring karena memberikan sirkulasi terbaik untuk Anda dan bayi Anda. Ini juga menempatkan sedikit tekanan pada pembuluh darah dan organ dalam Anda.

Tidur miring ke kiri akan meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mencapai plasenta dan bayi Anda. Ditambah sirkulasi yang baik membantu mengurangi potensi pembengkakan, varises di kaki dan wasir.

Cara untuk memosisikan tubuh agar nyaman saat tidur ialah dengan menjaga agar kaki dan lutut tetap tertekuk dan letakkan bantal di antara kedua kaki Anda menghilangkan stres di punggung. Jika Anda mengalami masalah dengan sakit punggung, gunakan posisi SOS dan coba letakkan bantal di bawah perut Anda juga. Selain itu, ingatlah bahwa Anda tidak boleh berada dalam satu posisi sepanjang malam, dan posisi berbalik arah tidak masalah.

Lalu, beberapa posisi ini harus Anda hindari saat tidur di masa kehamilan.


1. Tidur telentang
Ini dapat menyebabkan masalah dengan sakit punggung, pernapasan, sistem pencernaan, wasir, tekanan darah rendah dan menyebabkan penurunan sirkulasi ke jantung dan bayi Anda. 

2. Tidur tengkurap
Saat kehamilan Anda semakin jauh, payudara Anda menjadi lebih empuk dan perut Anda terus membesar, keduanya membuat tidur tengkurap menjadi tidak nyaman. Menggunakan bantal berbentuk donat (dengan lubang di tengah) dapat membantu Anda tidur tengkurap dengan nyaman.

Untuk mendapatkan tidur yang baik, Anda juga harus mempertimbangkan untuk melakukan hal-hal berikut.


1. Batasi kafein 
Cobalah untuk tidak minum kopi atau teh berkafein setelah pukul tiga sore.


2. Minum banyak air 
Minum banyak air sepanjang hari, tetapi batasi asupan beberapa jam sebelum tidur sehingga Anda tidak perlu bangun dan pergi ke kamar mandi.


3. Berolahraga selama 30 menit
Olahraga membantu Anda tidur lebih nyenyak, tetapi jangan berolahraga dalam waktu empat jam sebelum tidur.


4. Kegiatan santai
Mandi air hangat, pijat kaki atau bahu akan membantu Anda rileks.


5. Kamar tidur yang nyaman 
Menjaga kamar tidur Anda tetap gelap, tenang dan sejuk di malam hari akan membantu Anda tidur. (M-2) 

BERITA TERKAIT