14 January 2022, 21:20 WIB

Chicco Jerikho dan Rio Dewanto Komit Jaga Spirit Bung Glenn


Fathurrozak | Weekend

MI/Fathurrozak
 MI/Fathurrozak
Aktor Rio Dewanto dan Chicco Jerikho 

Di film terbaru waralaba Filosofi Kopi (Filkop), Ben & Jody, duo aktor utamanya, Chicco Jerikho (Ben) dan Rio Dewanto (Jody) turut memproduseri. Film yang kini beralih genre dari drama ke laga dan membawa isu soal perjuangan masyarakat adat dalam melawan penggusuran lahan, ditujukan sebagai penghormatan untuk sahabat mereka, almarhum Glenn Fredly.

Semasa hidup, selain dikenal sebagai salah satu sosok populer di musik, Bung Glenn juga giat dalam aktivisme, utamanya soal isu lingkungan dan kemanusiaan. Sebab itu, Rio dan Chicco ingin film Ben & Jody menjadi salah satu medium yang bisa menjadi pengingat atas semangat aktivisme Bung Glenn.

“Kami mendedikasikan film ini untuk sahabat kami, menyelesaikan apa yang sudah menjadi mimpi bung ketika dia masih hidup. Dia bilang, selanjutnya ingin bikin (film) action yang juga menyuarakan sesuatu. Stand for something,” kata Chicco saat wawancara dengan Media Indonesia di Swiss Bellin Simatupang, Jakarta Selatan, Jumat, (14/1).

“Tentu kami enggak sehebat Bung ya, energinya. Tapi setidaknya kami meneruskan apa yang dia perjuangkan,” tambah Rio dalam kesempatan sama dengan Chicco.

Di film ini, Chicco menyebutkan pembahasan soal kopi sudah cukup ketika kesadaran publik juga kini sudah semakin matang tentang industri kopi. Menurutnya, ada sesuatu yang lebih besar yang perlu disampaikan.

“Impaknya sudah berjalan dan bagus ketika bicara kopi dan barista (lewat Filkop 1 dan 2). Sekarang ada isu lebih besar, tentang konflik lahan, pengalih fungsian lahan dan berbicara bagaimana situasi masyarakat adat di Indonesia,” tambah Chicco. (M-2) 

BERITA TERKAIT