15 December 2021, 08:00 WIB

Area Instalasi Panel Surya bisa jadi Alternatif untuk Konservasi Serangga


Putri Rosmalia | Weekend

Nicolas TUCAT / AFP
 Nicolas TUCAT / AFP
Ilustrasi: Salah satu area panel surya di Prancis

Area instalasi panel surya ternyata dapat berkontribusi untuk konservasi serangga, khususnya lebah. Hal itu diketahui dari studi yang dilakukan oleh para peneliti Lancaster University.

Dilansir dari theguardian.com, Selasa, (14/12), saat ini serangga hutan menjadi spesies yang terancam akibat kerusakan hutan. Salah satunya lebah yang semakin berkurang jumlahnya, khususnya di negara dengan empat musim.

Berkurangnya area hutan untuk berbagai kebutuhan manusia membuat konservasi hutan menjadi sulit dilakukan dengan maksimal. Dengan begitu, harus dicari alternatif lain guna menyediakan habitat baru bagi serangga-serangga hutan.

Peneliti Lancaster University, Hollie Blaydes, mengatakan, area sekitar instalasi panel surya dapat menjadi pilihan terbaik. Cara yang dapat dilakukan agar area panel surya dapat bermanfaat untuk konservasi serangga ialah dengan memanfaatkan area di sekitar panel surya terpasang.

Area sekitar panel surya dapat ditanami dengan berbagai jenis tumbuhan berbunga agar menjadi habitat baru bagi serangga. Karakteristik area panel surya yang terbuka, kaya akan paparan matahari, dan umumnya jauh dari aktivitas manusia membuat potensi penciptaan habitat baru bagi serangga bisa lebih maksimal.

“Karakteristik dari lokasi panel surya sangat ideal untuk dijadikan habitat serangga khususnya lebah,” ujarnya.

Blaydes mengatakan saat ini ia dan tim peneliti lainnya sudah mulai melakukan pemberdayaan area panel surya untuk dijadikan habitat lebah di berbagai wilayah Inggris. Melihat progresnya, ia berharap teknik tersebut juga mulai diaplikasikan di berbagai negara yang telah banyak mengambangkan panel surya sebagai energi alternatif. (M-4)

BERITA TERKAIT