08 December 2021, 07:39 WIB

Barang-barang yang Menginspirasi Film-film Walt Disney Dipamerkan di New York


Adiyanto | Weekend

IMOTHY A. CLARY / AFP
 IMOTHY A. CLARY / AFP
Sebagian barang yang menginspirasi film Disney yang dipamerkan di New York.
Bagi Anda yang menggemari film-film animasi produksi Walt Disney tentu tidak asing lagi dengan  teko yang bisa berbicara atau lilin yang dapat bernyanyi.  Benda-benda itu ternyata terinspirasi dari karya seni abad pertengahan. Hal itu dapat ditelusuri pada pameran yang kini sedang dihelat di
Metropolitan Museum of Art, New York.
 
Pameran ini mengungkap bagaimana seniman Disney selama beberapa dekade terinspirasi gaya mewah Rococo dari porselen Sevres dan sofa berlapis emas, serta dari arsitektur Kebangkitan Gotik.
 
Dari Putri Salju dan Tujuh Kurcaci" (1936),  Sleeping Beauty (1959) hingga Beauty and the Beast" (1991), pmengeksplorasi bagaimana film klasik Disney memadukan fantasi dengan karya seni ini.
 
Kurator Wolf Burchard mengatakan dia percaya seniman Disney dan rekan-rekan abad ke-18 mereka terhubung tidak hanya oleh gaya mereka, tetapi juga oleh keinginan untuk "mengatasi emosi kita dan bukan kecerdasan kita."
 
Pameran yang dibuka pada 10 Desember ini memamerkan 60 karya seni Eropa abad ke-18 bersama 150 karya produksi Disney.
 
Lahir di Chicago pada 1901, Walt Disney melakukan perjalanan pertamanya ke Prancis pada Desember 1918, tak lama setelah Perang Dunia I, sebagai sukarelawan untuk Palang Merah. Dia kembali ke Eropa pada 1935, dan kemudian beberapa kali setelah Perang Dunia II. (AFP/M-4)
 
 
 
BERITA TERKAIT