29 November 2021, 16:15 WIB

Sejauh Mata Memandang dan Dian Sastrowardoyo Ajak Cintai Bumi lewat Fesyen


Putri Rosmalia | Weekend

Dok. Sejauh Mata Memandang/ Jakarta Fashion Week/ Tiktok Indonesia
 Dok. Sejauh Mata Memandang/ Jakarta Fashion Week/ Tiktok Indonesia
Koleksi kolaborasi Sejauh Mata Memandang dengan Dian Sastrowardoyo.

JENAMA busana lokal Sejauh Mata Memandang berkolaborasi dengan Dian Sastrowardoyo untuk menghadirkan koleksi terbarunya. Koleksi bertema 'Tumbuh' tersebut pertama kali ditampilkan pada ajang Jakarta Fashion Week (JFW) 2022, Kamis, (25/11).

Berdasarkan rilis, Sabtu, (27/11), koleksi tersebut juga menandakan hari jadi Sejauh Mata Memandang yang ke-7. Tema 'Tumbuh' diangkat sebagai ajakan untuk merawat dan mencintai bumi dengan melakukan hal-hal kecil dan sederhana.

Koleksi Tumbuh terinspirasi dari kegiatan sehari-hari, seperti menanam dan berkebun. Karena itu, koleksi ini menampilkan berbagai pakaian sehari-hari dengan warna- warna cerah layaknya tumbuhan dan ragam keindahan yang ada di alam.

Tak meninggalkan ciri khasnya, koleksi kali ini juga memiliki sentuhan berupa siluet dari beberapa baju nasional. Sentuhan lokal itu kemudian didesain dengan gaya kontemporer agar nyaman dipakai. 

Seiring dengan tema menanam, berbagai elemen berkebun dimasukkan dalam motif-motif pakaian yang dibuat. Mulai dari bahan tencel, katun organik dan katun primisima. Selain itu juga dihadirkan variasi busana dengan menggunakan teknik cetak, batik cap, bordir, dan sulam tangan. 
 
Dian Sastrowardoyo mengatakan sangat senang dapat berkolaborasi dengan Sejauh Mata Memandang. Tak hanya karena dapat ikut menghadirkan busana indah, tetapi juga ikut menyuarakan pesan yang diusung pada tema Tumbuh.
 
"Saya mengenal dan mengagumi Sejauh mata Memandang dari awal berdiri dan mengagumi karya-karya serta visi Sejauh sebagai label yang bertanggungjawab terhadap lingkungan. Sehingga saat diajak berkolaborasi, saya langsung mengiyakan karena ini adalah salah satu cara kita untuk menyuarakan pentingnya berperan aktif dan melakukan tindakan nyata untuk merawat bumi," tuturnya.
 
Dian mengatakan, sebagai upaya untuk membantu para mitra dan pelaku bisnis di industri fesyen,  dalam proses produksi koleksi Tumbuh, Sejauh Mata Memandang juga melakukan pemberdayaan komunitas-komunitas lokal. Selain itu, setiap pembelian koleksi Tumbuh, akan ada dana yang disumbangkan untuk program penanaman pohon dan konservasi hutan di kawasan ekosistem Leuser, Aceh Timur. (M-1)

BERITA TERKAIT