15 November 2021, 08:26 WIB

Mengenal Istilah 'Burnout' Seperti yang Dialami Bella Hadid


Putri Rosmalia | Weekend

 Unsplash.com/Elisa Ventur
  Unsplash.com/Elisa Ventur
ilustrasi: Burnout

Lewat unggahannnya di akun instagram pribadinya Rabu (10/11) lalu, supermodel Amerika Serikat, Bella Hadid mengaku mengalami burnout.

Istilah burnout sering muncul, khususnya pasca pandemi covid-19 melanda. Banyak orang mulai mengaku mengalami burnout dan membuat mereka merasa terpuruk.

"Perasaan ini muncul karena aku merasa terbebani dengan karyaku yang kurasa tidak maksimal. Itu sebenarnya hal yang wajar tapi di saat bersamaan aku juga merasa itu sangat berat," ujar Bella.

Bella mengaku kewalahan dan kelelahan dengan semua rutinitas pekerjaannya. Ia juga merasa tertekan karena merasa tak maksimal dalam bekerja dan berkarya di industri hiburan.

Kerap disamakan dengan istirah stres, sebenarnya apa itu burnout?

Melansir dari laman resmi WHO, burnout adalah suatu istilah yang menggambarkan kodisi ketika seseorang merasa kewalahan dan stres dengan lingkungan pekerjaan yang dijalani. Ia merasa stres karena beratnya beban kerja hingga lingkungan kantor yang tak kondusif.

Beberapa ciri burnout ialah merasa frustrasi dan tak bergairah ketika akan bekerja, merasa tertekan ketika menjalankan tugas, selalu berprasangka negatif terhadap pekerjaan dan lingkungan kerja, hingga menurunnya tingkat profesionalitas dalam bekerja.

Meski semakin banyak orang yang mengaku mengalami burnout hingga mencari bantuan profesional, WHO hingga saat ini masih belum mengklasifikasikan burnout sebagai bagian dari masalah kesehatan. Burnout juga tak bisa disematkan pada kondisi lain yang tidak berhubungan dengan pekerjaan dan lingkungan tempat kerja. (M-4)

 

 

BERITA TERKAIT