07 October 2021, 05:51 WIB

AFP Raih Penghargaan Terkait Liputan Mengenai Perubahan Iklim


Adiyanto | Weekend

OSH EDELSON / AFP
 OSH EDELSON / AFP
Seorang petugas damkar tengah berjibaku memadamkan api dalam kebakaran hutan di California tahun lalu. 

KANTOR berita Prancis, Agence France-Presse (AFP), Rabu (6/10) menjadi salah satu lembaga yang mendapat penghargaan terkait pemberitaan mengenai perubahan iklim. Ajang bernama Covering Climate Now itu, merupakan sebuah  proyek media global yang ditujukan untuk melaporkan pemanasan global.

"Penghargaan ini merayakan karya yang menetapkan standar keunggulan bagi jurnalis di mana pun untuk ditiru,  ketika ruang redaksi meningkatkan liputan mereka tentang iklim," kata konsorsium lebih dari 400 outlet media itu, dalam sebuah pernyataan.

Dari ke-12 pemenang yang dipilih dari hampir 600 entri  itu, termasuk karya multimedia milik The Guardian. Lewat karya ini memungkinkan penonton mendengarkan suara gunung es yang mencair di Antartika. Selain itu karya ProPublica yang mendokumentasikan migrasi yang disebabkan oleh pemanasan global.

Josh Edelson, fotografer AFP yang berbasis di California yang berspesialisasi dalam meliput kebakaran hutan, menjadi juara untuk kategori fotografi lewat serialnya yang berjudul "Heart of Fire."

Dalam serial tersebut, yang diambil pada bulan September 2020, Edelson mendokumentasikan kebakaran hutan yang terjadi di California. “Ia menangkap ukuran besar dari api dan dampak emosionalnya pada petugas pemadam kebakaran dan para pengungsi," kata konsorsium tersebut.

"Dalam sepuluh tahun meliput kebakaran hutan di California, saya belum pernah melihat yang seperti ini terjadi tahun ini," tulis Edelson dalam esai yang menyertai rangkaian fotonya.

"Saya terpaku, terpesona, dan bersemangat dan juga direndahkan oleh kekuatan peristiwa ini dan sangat terdorong untuk terus menceritakan kisah-kisah ini sehingga orang dapat melihat apa yang terjadi di dalam amuk api," tulis Edelson. (AFP/M-4)

BERITA TERKAIT