16 September 2021, 20:16 WIB

Pandemi Berlanjut, Pekerja Industri Film Indonesia Disuntik Netflix Rp7 M


Fathurrozak | Weekend

Dok Netflix
 Dok Netflix
Pertemuan antara BPI dan Netflix

Ppalatform streaming Netflix menyalurkan dana bantuan untuk para pekerja film dan televisi di Indonesia yang terdampak pandemi. Dalam laporan yang dipublikasikan, Netflix mengalokasikan Rp7,1 miliar, yang merupakan bagian dari dana bantuan global Netflix senilai Rp2,1 triliun.
 
Dana bantuan itu diharapkan dapat memberi dukungan finansial perorangan bagi para kru dan pekerja lepas di industri film dan televisi Indonesia yang mengalami kesulitan di masa pandemi, dan sebagai bantuan jangka pendek untuk membantu mencukupi kebutuhan pokok. Dalam penyalurannya, Netflix menggandeng Badan Perfilman Indonesia (BPI).
 
“Pandemi ini belum berakhir dan dampaknya masih terasa di Indonesia. Dengan menyalurkan dana bantuan ini dan bekerja sama dengan BPI, kami berharap dapat memberikan dukungan bagi para pekerja industri hiburan yang terdampak. Semoga dengan dukungan pada masa yang sulit ini mereka dapat segera kembali menjalankan proyek-proyek kreatif,” kata Director of Public Policy SEA Netflix Ruben Hattari, melalui siaran pers yang diterima Media Indonesia, Kamis, (16/9).
 
Dalam penyalurannya, BPI akan membentuk komite independen yang melibatkan 18 asosiasi profesi perfilman untuk menentukan para pekerja film yang akan menerima bantuan. Komite ini akan bekerja dari September hingga November 2021.

“Kami menghargai dukungan Netflix dalam membantu para pekerja film Indonesia yang terdampak pandemi. Kami akan memprioritaskan pekerja yang paling terdampak dan sangat membutuhkan bantuan, juga dengan mempertimbangkan daya juang penerima dalam hal finansial,” kata Ketua Umum BPI Chand Parwez Servia. (RO/M-2) 

BERITA TERKAIT