21 June 2021, 19:32 WIB

Dokter Peringatkan soal TikTok Challenge dengan Lidah ini


Nike Amelia Sari | Weekend

123RF/Roman Samborskyi
 123RF/Roman Samborskyi
Tantangan TikTok yang melibatkan magnet ini bisa amat berbahaya. 

Belum lama challenge "Dry Scooping" yang berbahaya bagi jantung viral di aplikasi Tiktok, kini beredar kembali tantangan baru yang tengah digandrungi oleh pengguna TikTok, termasuk anak-anak. Tantangan itu berupa ilusi tindik lidah yang ternyata berbahaya untuk kesehatan. 

Dokter memperingatkan, tantangan tindikan lidah palsu yang dilakukan dengan menempatkan dua magnet di kedua sisi lidah ini tergolong berbahaya. Sebabnya, tantangan itu menggunakan bola magnet yang dapat menimbulkan risiko mematikan jika magnet tertelan.

"Waspadai tantangan TikTok di mana anak-anak berpura-pura memiliki tindik lidah dengan menempatkan bola magnet di lidah mereka. Ini berpotensi mematikan jika mereka tidak sengaja menelannya. Tinjau kembali bahaya magnet bertenaga tinggi dan bicarakan dengan anak-anak Anda tentang bahayanya," cuit Cincinnati Children's Hospital Medical Center di akun resmi twitternya, @CincyChildrens, Jumat (18/6).

Dilansir dari foxnews.com, Senin (21/6), di dalam cuitan @CincyChildrens pada 19 Mei lalu, terdapat foto tulisan Dr. Bryan Rudolph dari The Children’s Hospital di Montefiore, Amerika Serikat yang berbunyi bahwa tidak ada langkah atau cara yang aman ketika menempatkan magnet berdaya tinggi di rumah bersama anak-anak. 

Seorang dokter yang bekerja di National Health Service (NHS), Dr. Karan Raj, memperingatkan juga lewat video yang diunggahnya pada 1 Juni lalu di akun TikTok miliknya @dr.karanr, bahwa magnet yang tertelan dapat menggumpal dan berisiko menekan usus dan mengancam aliran darah. 

Dia juga memperingatkan masalah ini bisa berakibat fatal tanpa operasi usus darurat. Selain itu, dia menambahkan bahwa dua anak dilarikan ke operasi darurat karena tantangan TikTok tersebut.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Dr. Maha Hashim, ahli bedah gigi di London, lewat video yang diunggah di akun TikTok  @dr_mahahashim pada 30 Mei lalu. Ia juga menentang hal ini dengan mengungkapkan bahwa challenge tersebut bukan hal yang menyenangkan untuk dilakukan. 

"Ini sangat, sangat berbahaya, bisa mengancam nyawa dan Anda mungkin berakhir menjalani operasi dan Anda bahkan mungkin tidak selamat dari operasi, jadi saya mendesak semua anak muda ini untuk menahan diri dari memasukkan magnet ke dalam mulut dengan risiko menelan," katanya.

Menurut Komisi Keamanan Produk Konsumen A.S., banyak insiden magnet yang tertelan telah mengakibatkan operasi. Agensi tersebut menyarankan untuk memanggil tenaga medis segera dan memperhatikan gejala seperti sakit perut, mual, muntah, dan diare. (M-2) 

BERITA TERKAIT