15 June 2021, 19:10 WIB

Dear Sineas, Catat Tanggal Penting Rangkaian Akatara 2021


Fathurozak | Weekend

Dok Akatara
 Dok Akatara
Poster Akatara

Setelah absen pada 2020 akibat pandemi covid-19, kini forum yang mempertemukan para sineas dan investor, Akatara kembali hadir. Film market yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun ini kembali hadir dengan tajuk The Biggest Indonesian Film Business Forum & Film Market.

“Akatara 2021 hadir dengan format baru. Era normal baru industri yang relevan dengan perubahan dan perkembangan dunia konten dan film,” ungkap Direktur Akses Pembiayaan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif Hanifah Makarim, dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia, Selasa, (15/6).

“Dengan kembalinya Akatara, semoga bisa mengajak sineas tanah air untuk ikut serta dalam setiap rangkaian acara dan bisa menumbuhkan semangat perfilman untuk kembali membangun ekosistem yang sehat,” lanjutnya.

Akatara bertujuan menjadi forum penghubung sineas dengan investor. Namun, selain itu juga punya tujuan untuk mengembangkan ekosistem perfilman dengan menciptakan akses pembiayaan dan mendorong film entrepreneurship yang profesional.

Rangkaian Akatara 2021, tidak hanya forum pertemuan sineas dengan investor. Tahun ini, Akatara akan dibuka dengan keliling ke tiga kota; Bandung (11-13 Juli 2021), Padang (22-24 Juli 2021), dan Palu (2-4 Agustus 2021). Dilanjutkan dengan lokakarya pada 9-13 Agustus 2021. Diikuti dengan seminar daring pada 24-26 Agustus 2021.

Sementara untuk forum pitching, baru akan berlangsung pada Oktober. Pada kesempatan ini, akan mempertemukan pemilik proposal dengan para sumber pembiayaan dan permodalan dalam bidang perfilman. Ini adalah waktu untuk pembuat film unjuk kebolehan di depan investor dan mendapatkan pendanaan untuk film mereka.(M-4)

BERITA TERKAIT