03 June 2021, 14:44 WIB

Nasa Boyong Ratusan Bayi Cumi-cumi ke Stasiun Luar Angkasa


Putri Rosmalia | Weekend

Bill INGALLS / NASA / AFP
 Bill INGALLS / NASA / AFP
Kru NASA 

Lebih dari 100 ekor bayi cumi-cumi dilepasliarkan oleh NASA di International Space Station (ISS). Mereka akan diberangkatkan menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX.

Dilansir dari bbc.com, Kamis, (3/6), SpaceX sebelumnya memang telah berencana menerbangkan roket yang berisi berbagai kebutuhan untuk melakukan eksperimen di ruang angkasa. Selain itu, juga dibawa serta setidaknya 5 ribu hewan mikroskopis sebagai bahan penelitian di luar angkasa.

Keberangkatan akan dilakukan pada Kamis, (3/6) pukul 17.29 WIB. Peluncuran roket akan disiarkan secara langsung melalui saluran media sosial milik NASA.

Sekitar 128 bayi cumi bobtail tersebut akan digunakan untuk meneliti dampak dari penerbangan ke luar angkasa pada tubuh hewan. Diketahui cumi-cumi memiliki sistem ketahanan tubuh yang hampir sama dengan manusia.

Nasa megklaim hasil penelitian akan bisa meningkatkan efektivitas sistem perlindungan pada tubuh astronot yang tengah menjalankan misi luar angkasa dalam jangka panjang.

Sementara itu hewan mikroskopik yang diplih untuk ikut dijadikan bahan penelitian ialah tardigrades atau biasa dikenal dengan sebutan beruang air. Hewan tersebut memiliki kemampuan bertahan pada lingkungan ekstrem terbaik dibandingkan dengan hewan sejenisnya. Hal itu membuat beruang air dianggap sebagai pilihan terbaik untuk diteliti di luar angkasa. (M-4)

BERITA TERKAIT