11 May 2021, 04:57 WIB

Bisa Dihadiri Langsung, Festival Film Berlin Usung Konsep Misbar


Fathurrozak | Weekend

Instagram @Berlinale
 Instagram @Berlinale
Festival Film Berlinale akan digelar luring, bulan depan. 

Festival Film Internasional Berlin (Berlinale) mengonfirmasi mereka akan mengadakan program Berlinale Summer Special pada 9-20 Juni esok, berlangsung di 16 tempat ruang terbuka (outdoor).

Kasus covid-19 yang mengalami penurunan di Jerman, memungkinkan hajat festival film dapat dilangsungkan di tempat terbuka. Hal ini pun tampaknya mendapat izin dari pemerintah yang telah memberikan panduan bagaimana acara publik berlangsung.

Pada Berlinale Summer Special, akan diputar film-film yang telah terpilih untuk festival tersebut, yang ditunda pada Februari karena pembatasan akibat covid-19.

Kendati mengusung konsep serupa 'misbar' yang jamak di Indonesia, pelaksanaan di Berlinale akan dibarengi protokol ketat sesuai pembaharuan Infection Protection Act di Jerman. Rencana soal tingkat higienitas dan keamanan ditingkatkan dan akan dikoordinasikan dengan tempat-tempat yang bakal jadi lokasi pemutaran.

Dikutip dari Deadline, Senin, (10/5), lokasi utama festival akan berada di Museum Island Berlin. Museum tersebut sekaligus akan jadi lokasi pengumuman para film pemenang.

"Kami sangat senang dengan konsep baru Berlinale Summer Special, meskipun telah merencanakannya secara berbeda sejak awal. Penonton akan mendapatkan pengalaman festival kolektif yang sangat spesial - sesuatu yang sudah lama kita semua lewatkan," kata Direktur Berlinale Marierre Rissenbeek.

"Summer Special ditujukan untuk menghidupkan kembali keinginan untuk pergi ke bioskop, dan berkontribusi pada kebangkitan kegiatan budaya dengan penonton. Kami akan mempersembahkan program festival kepada penonton Berlin di hampir setiap bagian kota di total 16 tempat, termasuk bioskop luar ruangan yang dibuat khusus di Museum Island Berlin yang bersejarah sebagai tempat utama," lanjut Rissenbeek. (M-2) 

BERITA TERKAIT