20 April 2021, 14:00 WIB

Tamu Oscar Diperkenankan Lepas Masker di Depan Kamera


Fathurrozak | Weekend

Robyn Beck/AFP
 Robyn Beck/AFP
Ajang Piala Oscar 2021 akan berlangsung 26 April pagi WIB.

PENGGUNAAN masker tampak dilonggarkan di ajang Piala Oscar 2021. Penyelenggara Piala Oscar, Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), meminta para tamu untuk melepas masker ketika disorot kamera.

Berita itu diumumkan pada Senin pagi waktu Amerika Serikat (AS) melalui konferensi video dengan perwakilan dan nominasi Oscar, para studio dan para humas. Mengutip Variety, Selasa, (20/4), seorang staf Piala Oscar menjelaskan alasan himbauan itu karena acara akan berlangsung di Union Station, Los Angeles dengan menggunakan pendekatan konsep produksi TV/film.

Dengan begitu, masker tidak diperlukan bagi mereka yang berada di depan kamera. Namun, saat para tamu tidak berada di depan kamera, mereka diminta untuk kembali memakai masker. Misalnya, masker harus tetap dipakai saat jeda iklan.

Penyelenggara juga mengungkapkan, kapasitas penonton akan dibatasi hingga 170 orang. Penonton akan dirotasi masuk dan keluar dari acara yang akan berlangsung pada 26 April waktu Indonesia itu. Setibanya di Union Station, nominasi akan menerima panduan keberadaan tempat yang dipersonalisasi. Didalanya juga dijelaskan detil mengenai waktu-waktu rotasi untuk masuk dan keluar tempat acara utama.

Namun para produser Piala Oscar, Steven Soderbergh, Jesse Collin,s dan Stacey Sher tetap bungkam tentang protokol masker selama konferensi pers itu. Pada hari sebelumnya, Soderbergh mengatakan masker akan memainkan “peran yang sangat penting dalam cerita. Jika itu samar, memang seharusnya begitu. Topik itu sangat penting bagi narasi,” dikutip dari Variety.

Sementara itu sesi karpet merah dikabarkan hanya digelar dengan tiga fotografer dan pembatasan media yang melakukan wawancara. Diantara media yang sudah mendapatkan slot tempat adalah ABC News, KABC dan E !, kemudian ada pula media dari Jepang, Kanada, Inggris, Jerman, Prancis, Brasil, Spanyol, Meksiko, dan Australia. Jarak antara reporter dan narasumber akan dijaga 2 meter.

Selain wawancara gaya konferensi pers virtual di belakang panggung, pemenang Oscar akan berkesempatan untuk melakukan wawancara virtual dengan Kelly Ripa dan Ryan Seacrest untuk program Live With Kelly and Ryan serta Lara Spencer dari program Good Morning America. (M-1)

BERITA TERKAIT