23 March 2021, 20:20 WIB

Waw, Akan Ada Jalur Kapal Tembus Gunung di Norwegia


Putri Rosmalia | Weekend

Snohetta/ Norwegian Coastal Administration
 Snohetta/ Norwegian Coastal Administration
Ilustrasi jalur kapal di bawah pegunungan Norwegia.

NORWEGIA bersiap memulai proyek pembangunan terowongan sebagai jalur bagi kapal laut di bawah pegunungan. Jika benar terwujud, terowongan itu akan menjadi jalur kapal yang berada di bawah pegunungan pertama di dunia.

Terowongan itu akan dibangun dengan panjang mencapai 1.800 meter dan lebar sekitar 35 meter. Jalur akan membentang di sepanjang wilayah pegunungan semenanjung Stadhavet, di kawasan Barat Laut Norwegia.

Pembangunan diperkirakan akan menghabiskan anggaran hingga mencapai sekitar Rp4,5 triliun. Waktu yang dibutuhkan untuk penyelesaian sekitar tiga hingga empat tahun sejak pembangunan dimulai, yakni pada 2022.

“Proyek ini sudah direncanakan sejak sekitar sepuluh tahun lalu. Jadi sangat menggembirakan bahwa akhirnya proyek ini benar-benar akan segera dimulai,” ujar Project Manager Norwegian Coastal Administration, Terje Andreassen, seperti dilansir cnn.com, Selasa, (23/3).

Pembangunan terowongan dianggap penting dilakukan demi meningkatkan efisiensi dan keamanan jalur perairan di wilayah semenanjung Stadhavet. Saat ini, transportasi di wilayah tersebut dinilai memiliki resiko tinggi karena cuaca di sekitar pegunungan yang kerap ekstrem. 

Akibatnya, kapal-kapal sering terpaksa sering menunggu hingga berhari-hari sebelum bisa melanjutkan perjalanan. Terowongan nantinya akan membuat perjalanan kapal menjadi lebih aman dan terjadwal dengan baik. “Ini akan membuat perjalanan baik untuk industri atau perjalanan umum menjadi lebih baik,” ujar Andreassen. (M-1)

BERITA TERKAIT