27 December 2020, 03:55 WIB

Obesitas Rusak Kekebalan Tubuh


(Sciencedaily/Rkp/*/L-2/Riset MI-NRC) | Weekend

DOK METROLINAMED
 DOK METROLINAMED
 

DALAM sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus oleh peneliti Harvard Medical School (HMS) baru-baru ini terkuak misteri ternyata obesitas memungkinkan sel kanker mengalahkan sel kekebalan pembunuh tumor dalam pertempuran untuk mendapatkan bahan bakar

Diet tinggi lemak mengurangi jumlah dan aktivitas antitumor sel CD8 + T, jenis penting dari sel kekebalan, di dalam tumor. Hal ini terjadi karena sel kanker memprogram ulang metabolisme mereka sebagai respons terhadap peningkatan ketersediaan lemak untuk melahap molekul lemak kaya energi dengan lebih baik, menghilangkan sel T bahan bakar, dan mempercepat pertumbuhan tumor.

Tim peneliti menemukan bahwa memblokir pemrograman ulang metabolik terkait lemak ini secara signifikan mengurangi volume tumor pada tikus yang menjalani diet tinggi lemak. Karena sel CD8 + T adalah senjata utama yang digunakan imunoterapi yang mengaktifkan sistem kekebalan melawan kanker.

Mereka juga menemukan bahwa tumor tumbuh jauh lebih cepat pada hewan dengan diet tinggi lemak dibandingkan dengan mereka yang diet normal. (Sciencedaily/Rkp/*/L-2/Riset MI-NRC)

BERITA TERKAIT