27 December 2020, 04:30 WIB

Ulat Aneh Bertopi Rumit


(Newscientist/Rkp/L-2/Riset MI-NRC) | Weekend

DOK ALAN HENDERSON
 DOK ALAN HENDERSON
 

INI adalah Mad Hatterpillar, invertebrata yang membuat kepalanya yang lama berganti-ganti menempel pada tubuhnya untuk membuat topi baja yang indah dan aneh. Ulat ini memakai topi baja yang unik berbentuk bola-bola bertumpuk.

Saat ulat ngengat Uraba lugens tumbuh, ia melepaskan kerangka luarnya. Namun bukannya menyingkirkan bagian kepala sebelumnya, kepala lamanya tetap menempel pada tubuhnya untuk membuat “topi” yang aneh.

Ini membuatnya mendapat julukan ‘Mad Hatterpillar’, mirip Mad Hatter dalam cerita Petualangan Alice di Negeri Ajaib oleh Lewis Carroll. Ditemukan di Australia dan Selandia Baru.

U. lugens berganti kulit hingga 13 kali saat dalam fase ulat, dengan menara kepala mulai dibangun dari pergantian kulit keempat. Saat ulat tumbuh, setiap kepala kosong lebih besar dari
yang terakhir.

Namun, susunan topi-topinya itu bukan hanya untuk pertunjukan. “Fungsinya untuk melindungi mereka dari predator. “Mereka menggunakannya untuk mengusir predator,” kata juru foto Alan Henderson dari Minibeast Wildlife, pusat sumber daya invertebrata, Australia. (Newscientist/Rkp/L-2/Riset MI-NRC)

BERITA TERKAIT