14 December 2020, 18:45 WIB

Mitsu, Simbol yang Populer di Jepang untuk Menekan Kasus Covid-19


Adiyanto | Weekend

STR / JAPAN POOL / AFP
 STR / JAPAN POOL / AFP
Mitsu

BANYAK cara digunakan orang di berbagai negara untuk mengantisipasi penularan virus korona. Di Indonesia, kita mengenal slogan Ingat Pesan Ibu dengan gerakan 3M, Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan. Di Jepang,  huruf kanji bertuliskan Mitsu jadi simbol yang paling populer dan baru-baru ini ditetapkan sebagai simbol linguistik teratas/terpopuler tahun ini.

Meskipun kasus covid-19 baru-baru ini mencapai rekor tertinggi di berbagai belahan dunia, di Jepang secara umum kasus penularan relatif kecil. Mereka juga tidak pernah memberlakukan penguncian yang ketat seperti yang terlihat di negara lain di dunia.

Sebaliknya, warga sangat disarankan menggunakan penilaian mereka sendiri dan menghindari situasi yang digambarkan sebagai "mitsu" , yang berarti padat dan dekat, untuk membatasi penyebaran penyakit yang menyerang saluran pernapasan itu.

Pesan untuk menjaga jarak sosial itu dengan cepat jadi populer dan menginspirasi strip manga (komik Jepang) hingga video game.

Mitsu dipilih sebagai karakter tahun ini dalam survey publik tahunan yang diselenggarakan oleh Japan Kanji Aptitude Testing Foundation.

Stasiun TV Jepang menyiarkan pengumuman tersebut secara langsung, saat Seihan Mori, master kuil Kiyomizu kuno di Kyoto, melukis karakter tersebut di panel putih besar dengan kuas kaligrafi yang dibasahi tinta.

"Setelah pemerintah meminta masyarakat untuk menghindari keramaian, ruang berventilasi buruk, dan tempat-tempat yang berisiko berhubungan dekat dengan orang asing ... banyak yang mulai bertindak dengan selalu memikirkan 'mitsu'," kata organisasi itu, seperti dikutip AFP, Senin (14/12).

Pesaing lain dalam 10 besar untuk karakter tahun ini sebagian besar terkait dengan virus korona, seperti penyakit, bahaya, binasa, dan kuman. (M-4)

 

BERITA TERKAIT