29 November 2020, 02:10 WIB

Tidur Sehat Turunkan Risiko Gagal Jantung


MI | Weekend

Oatawa
 Oatawa
 

DALAM sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal American Heart Association Circulation, peneliti menemukan bahwa kualitas tidur dapat berdampak pada peningkatan risiko gagal jantung.

Studi observasi ini meneliti hubungan antara pola tidur yang sehat dan gagal jantung dengan melibatkan 408.802 peserta Biobank Inggris, yang berusia 37-73 tahun saat perekrutan (2006-2010). Peneliti lalu menganalisis kualitas tidur serta pola tidur mereka secara keseluruhan, semisal ukuran kualitas tidur, durasi tidur, insomnia, dan mendengkur.

Berdasarkan durasi tidur, peneliti mengelompokkan partisipan menjadi tiga, yaitu durasi pendek (kurang dari 7 jam sehari), sesuai rekomendasi (7 hingga 8 jam sehari), dan panjang (9 jam atau lebih sehari).

Para peneliti lalu mempelajari pola tidur mereka selama 10 tahun. Hingga 1 April 2019, tim peneliti mencatat setidaknya 5.221 kasus gagal jantung.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, disimpulkan bahwa peserta dengan pola tidur paling sehat mengalami penurunan risiko gagal jantung 42% jika dibandingkan dengan orang dengan pola tidur yang tidak sehat. (Sciencedaily/Rkp/Riset MI-NRC)

 

BERITA TERKAIT