09 February 2023, 06:10 WIB

Ini Dehumidifier yang Kurangi Kelembapan sekaligus Bersihkan Udara


Mediaindonesia.com | Teknologi

Dokumentasi pribadi.
 Dokumentasi pribadi.
dr. Abelina Dini Fitria.

INDONESIA memiliki iklim tropis sehingga udara akan terasa panas dan lembap sepanjang tahun. Berada dalam iklim tropis, Indonesia hanya memiliki dua musim dalam setahun, yaitu kemarau dan penghujan. Saat musim hujan berlangsung, terkadang curah hujan relatif tinggi dalam waktu yang cukup lama. Hal tersebut tentu saja memberikan dampak negatif, tidak hanya pada masalah kesehatan pernapasan dan kulit manusia, tetapi juga dapat memicu pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri dan jamur pada karpet. Mikroorganisme tersebut mampu merusak cat dinding, wallpaper, sepatu, tas, baju, dan membuat ruangan rumah serta sofa dan karpet berbau tidak sedap. 

Sharp memahami permasalahan itu dan meluncurkan dehumidifier yang dapat mengurangi serta menjaga kelembapan udara di ruangan dalam kondisi ideal, menghadirkan udara segar, sehat, dan efektif membantu mengeringkan pakaian lebih cepat. "Peluncuran produk ini merupakan jawaban atas keluhan konsumen kami akan permasalahan tingkat kelembapan dalam rumah yang mengganggu. Dilengkapi dengan teknologi Plasmacluster, menjadikan produk dehumidifier kami memiliki kelebihan dibanding para pesaing kami," ungkap Shinji Teraoka, Presiden Direktur, PT Sharp Electronics Indonesia.

Tersedia dalam dua varian, dehumidifier tipe DW-E16FA-W memiliki cakupan area 38 m2 dengan kapasitas tangki 3 liter dan tipe DW-D12A-W memiliki cakupan area 26 m2 dengan kapasitas tangki 4 liter. Hadir dalam tampilan yang simple dan elegan, dehumidifier tersebut dapat diletakkan di kamar tidur, ruang perpustakaan, walking closet, maupun laundry room guna membantu mempercepat proses pengeringan pakaian.   

DW-E16FA-W memiliki dimensi 360 x 260 x 565 mm dengan berat 12,2 kg dan konsumsi listrik 190 watt. Sedangkan DW –D12A-W memiliki dimensi 314 x 220 x 527 mm dengan berat 10 kg dan konsumsi listrik 160 watt.

Home Appliances Product Manager Sharp Electronics Indonesia Yudha Eka Putra menjelaskan saat ini dehumidifier itu hanya memiliki satu varian warna, yaitu putih untuk memberikan kesan clean. Produk ini akan bekerja secara otomatis menyesuaikan operasi kompresor dan kecepatan kipas untuk menjaga kelembapan yang stabil dalam ruangan menghadirkan udara sehat dan nyaman. "Saat perangkat dinyalakan, udara lembap memasuki port penghisapan udara kemudian uap air di udara didinginkan hingga mengembun menjadi tetesan air dan mengalir ke reservoir air. Ketika udara dingin dari cooler akan memanas, dari saluran udara akan keluar udara kering yang membantu mengurangi kelembapan," papar Yudha. Berikut beberapa fitur unggulan. 

Teknologi Plasmacluster HD 7000  

Plasmacluster dengan High Density 7000 terbukti efektif dalam menekan pertumbuhan jamur, bakteri, virus, dan melenyapkan bau dengan ion positif dan negatif yang dihembuskan di udara. Teknologi Plasmacluster sudah diakui dan tersertifikasi di lebih dari 35 institut dan 12 negara di dunia.

Filter air purifier

Dehumidifier terbaru ini dilengkapi juga dengan filter air purifier (HEPA & deodorizing filter) yang dapat digunakan hingga lima tahun. Filter ini efektif menyaring debu, menyerap bau, dan partikel lain yang berukuran mikroskopis berukuran 0,3 mikron dengan efektifitas hingga 99,97% membuat rumah tidak bau apek dan bebas debu. Saat ini hanya dehumidifier dari Sharp yang memiliki dua fungsi sekaligus yaitu dehumidifying (mengurangi kelembapan) dan air purifiying (membersihkan udara dari kontaminan) sekaligus. 

Kapasitas dehumidifikasi 

Kapasitas dehumidifikasi hingga 12 liter (DW-D12A-W) dan 16 liter (DW-E16FA-W) per hari dengan kapasitas tangki air 4 liter dan 3 liter. Tersedia juga selang untuk continuous drainage/drainase berkelanjutan, sehingga memudahkan konsumen agar tidak perlu secara berkala membuang air yang sudah terserap di tangki air.

Fungsi pengering pakaian

Dengan mode pengeringan pakaian, produk ini dapat mengeringkan pakaian dengan kecepatan kipas maksimum yang dipadukan dengan fitur dehumidifikasi untuk menyerap kelembapan pada pakaian sehingga proses pengeringan dapat lebih cepat walaupun dilakukan dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung.  

Auto Louver 

Kisi-kisi udara dapat bergerak otomatis 180° ke arah atas-bawah yang dapat memberikan efek dehumidifikasi dan deodorifikasi menyebarkan udara sehat dan segar keseluruh ruangan.

Terkait hal itu, dokter kecantikan dr. Abelina Dini Fitria, Dpl.  AAAM, MM, MARS menyatakan dehumidifier wajib dimiliki terutama untuk orang yang memiliki riwayat alergi dan peduli kesehatan serta kecantikan. Kadar kelembapan udara yang tinggi dapat memicu reaksi alergi, peradangan kronik, dan mendukung pertumbuhan jamur. Infeksi pada tubuh atau yang menempel pada perabotan wajib diwaspadai. Apalagi orang yang memiliki alergi rentan terinfeksi jamur karena imunitas rendah. Fitur tambahan Plasmacluster yang melepaskan ion positif dan negatif bermanfaat untuk menurunkan peradangan dan mengurangi alergen. Terbukti dari banyak jurnal  mengenai teknologi  plasmacluster dari Sharp juga dapat mengeliminasi debu, bulu hewan, listrik statis, sampai asap rokok. 

DW-D12A-W dapat dibeli dengan kisaran harga Rp3.600.000 dan DW-E16FA-w Rp4.300.000. Perangkat tersebut dapat diperoleh di Sharp Official Store seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Cocorolife.id, dan dealer toko offline. (OL-14)

BERITA TERKAIT