03 November 2022, 17:33 WIB

Pemanfaatan SEO dalam Pemasaran Digital Perlu Perhatian Serius Pelaku Usaha


Mediaindonesia.com | Teknologi

Dok. Pribadi
 Dok. Pribadi
Pengumuman penyelenggaraan SEOCon forum 2022

SEARCH engine optimization (SEO) punya peranan penting dalam pemasaran digital yang dilakukan pelaku usaha,. Hal itu mengingat pembeli biasanya melakukan komparasi lewat mesin pencari sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk atau layanan. 

Founder dan CEO Search Agency Ridho Putradi S'gara mengatakan, selama pandemi, kepedulian terhadap pemanfaatan SEO semakin tinggi, yang didorong oleh kebijakan perjalanan ketat untuk meminimalisir penularan Covid-19. 

"SEO adalah bagian dari investasi yang punya return positif jangka panjang bagi pelaku usaha. Terlebih kecenderungan konsumen untuk memutuskan menggunakan barang atau jasa selalu libatkan proses pencarian," katanya di Jakarta, Kamis (3/11). 

Digital Marketing Lead Pashouses Ilman Akbar mengatakan Ilman Akbar mengatakan, SEO merupakan kanal marketing yang akan terus berkelanjutan karena menggunakan data, sehingga bisa terus terekspos di ranah digital. 

CEO & Co-Founder Toffedev & Toffee Event Ryan Krsto Muljono mengatakan, personalisasi dan data-driven marketing juga diramal akan menjadi kunci utama untuk meningkatkan strategi pemasaran. Terlebih lagi, dengan adanya ancaman resesi, para pelaku usaha perlu untuk melakukan penyesuaian terhadap anggaran pemasaran, namun bukan untuk menguranginya.

Baca juga : Google Play Games Versi Beta Hadir di Indonesia

"Memasuki era endemi global ini, hybrid marketing ramai dibicarakan. Oleh karena itu, sudah saatnya setiap usaha menerapkan strategi omnichannel untuk terus berada di hadapan dari para pengguna secara onsite dan online,” ujar Ryan yang juga inisiator SEOCon Forum 2022.

SEOCon Forum 2022 yang akan digelar di Trans Resort, Bali, 1-3 Desember akan menggali strategi serta praktik terbaik untuk manajemen SEO.dengan menghadirkan sejumlah pembicara yang merupakan praktisi di bidang SEO. 

Sejumlah pembicara yang hadir, diantaranya Lukasz Zelezny (Director, Co-Owner SEO Expert and Consultant), Jon Earnshaw (Chief Product Evangelist and Co-founder of Pi datametrics), Ryan Kristo Muljono (CEO and Founder ToffeeDev & Toffee Events), Ridho Putradi S'gara (Founder and CEO at Search Agency), Kyle Roof (Co-founder Pageoptimizer Pro) Greg Gifford (Vice President SearchLab), James Norquay (SEO Director of Prosperity Media), serta Ilman Akbar (Digital Marketing Lead Pashouses).

"Acara ini merupakan wadah bagi para ahli dalam bidang SEO (Search Engine Optimization) untuk berdiskusi serta menambah wawasan seputar digital marketing, khususnya SEO," kata Ryan. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT