31 October 2022, 20:25 WIB

TikTok Shop Umumkan Fitur Baru Shopping Center


Mediaindonesia.com | Teknologi

AFP/Lionel Bonaventure.
 AFP/Lionel Bonaventure.
TikTok.

TIKTOK Shop baru saja mengumumkan fitur terbarunya yakni Shopping Center di Indonesia. Fitur ini mempermudah pengguna untuk melakukan kegiatan jual beli sambil tetap menikmati konten video yang menghibur di platform TikTok. Ini mengacu pada konsep Shoppertainment yang mengutamakan hiburan sebelum mengajak pengguna untuk membeli produk di platform TikTok Shop. 

Dengan TikTok Shop Shopping Center, pengguna bisa melihat pesanan, etalase barang yang dijual, riwayat belanja, berkomunikasi dengan penjual, mengatur alamat pengiriman, hingga proses pembayaran, semua dalam tab yang sama. Fitur ini memberikan pengalaman berbelanja yang lebih mulus dan menyenangkan, mempersingkat alur belanja konsumen, membantu bisnis untuk berkembang, menginspirasi kreativitas, dan memaksimalkan kekuatan branding. Kategori dan pilihan produk yang dijual juga sangat beragam, mulai dari peralatan kecantikan, pakaian wanita, makanan, hingga alat elektronik.

Data TikTok Shop menunjukkan performa beberapa kategori brand meningkat dengan kontribusi dari Shopping Center. Periode minggu pertama Oktober 2022, pada kategori FMCG, salah satu merchant yang meraih penjualan tinggi ialah Nagoya Mart dengan peningkatan GMV di 3-10 Oktober mencapai 209,7% dengan kontribusi Shopping Center sebesar 59,2%. Selain itu, dari kategori elektronik, merchant penjualan tertinggi diraih oleh Royalstoregadget dengan peningkatan GMV sebesar 797% dan kontribusi Shopping Center sebesar 21,1%.  

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan para pengguna yang ingin berjualan lewat Shopping Center, seperti konsistensi dalam mengunggah video pendek dengan audio dan gambar yang menarik. Ada juga metodologi yang dilakukan oleh semua brand dan merchant yang performanya paling cemerlang, yaitu memberikan harga yang bersaing dan meningkatkan ragam produk, semisal penjual grosir dapat mendorong dan merekomendasikan lebih banyak produk yang dibutuhkan pengguna, seperti minyak goreng, bumbu, minuman bubuk, dan produk susu yang paling laris.

Hal itu dipraktikkan beberapa brand yang sudah bergabung di TikTok Shop Shopping Center seperti Bedola88 yang menjual rak penyimpanan dengan kualitas tinggi tetapi harganya masih terjangkau. Selain menyajikan harga yang murah, Bedola88 konsisten mengunggah video singkat (short video) dengan konten dan sound yang sedang tren untuk mempromosikan produk dan sesi live nya di TikTok Shop. Bedola88 melakukan live streaming setiap hari di jam yang sama dengan minimal durasi 3 jam. Untuk sesi live, brand ini juga memilih host yang komunikatif dan informatif agar bisa berinteraksi lebih baik dengan penonton. Dengan menggabungkan kreativitas dengan fitur-fitur di TikTok Shop, Bedola88 bisa meraih kenaikan GMV sebesar 92,9% dengan kontribusi TikTok Shop Shopping Center sebesar 15.1%.

Brand yang cukup ternama seperti Oppo juga telah mencoba fitur terbaru dari TikTok Shop. Oppo menjual produknya dengan harga terjangkau dan menyediakan flash sale atau diskon pada produk-produk terlaris mereka di Shopping Center. Di momen 10.10, Oppo mengadakan give away untuk pengguna, mulai dari produk, aksesori, makanan, voucher, speaker, dan barang menarik lain. Oppo juga bekerja sama dengan kreator untuk mempromosikan brand-nya, sehingga GMV yang dicapai selama momen belanja 10.10 lalu mencapai 42,3% dengan kontribusi Shopping Center sebesar 13,4%. 

Sebagai kontributor GMV teratas di bagian FMCG selama kampanye ini, Scarlett Whitening percaya kinerja luar biasa yang mereka dapatkan didasarkan pada strategi penjualan mereka yang menggabungkan harga kompetitif dengan strategi produk yang terfokus. Misalnya, dalam live streaming mereka hanya fokus pada produk FMCG dan mereka melakukan live streaming berturut-turut agar penonton bisa walk in dan berbelanja. Mereka juga meluncurkan produk baru selama live streaming dengan harga yang kompetitif sebagai star products untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, mereka bekerja sama dengan kreator TikTok melalui program afiliasi dan secara aktif melakukan live streaming dengan TikTok Live Shopping Ads untuk menarik lebih banyak trafik.

Kombinasi antara strategi produk yang terfokus juga menjadi kunci sukses bagi top performer lain, yaitu Nagoya Mart yang dikenal menjual grosir bahan makanan, telah berhasil menjadi salah satu toko terlaris di TikTok Shop. Strategi mereka adalah mendongkrak penjualan melalui fitur Shopping Center. Lebih lanjut, untuk memenuhi kebutuhan pembeli dengan baik, Nagoya Mart selalu menjual produk dengan harga terjangkau dan kompetitif di pasaran.  

Memasuki momen belanja 11.11 yang akan segera tiba, TikTok Shop akan menawarkan berbagai promo menarik untuk produk computer/IT, communication technology, consumer electronics (3C) yang dapat diakses di Shopping Center. Pelanggan bisa mendapatkan promosi dengan harga terbaik dengan adanya flash sale, kupon diskon, dan gratis ongkir di TikTok Shop Shopping Center. 

Dalam flash sale, akan ada smartphone yang harganya mulai dari Rp11.000 dan produk elektronik lain mulai dari Rp1.111. Dalam fitur TikTok Shop Shopping Center, terdapat banyak kupon yang tersedia, serta 3C crazy deal yang menawarkan produk elektronik supermurah. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur Shopping Center, kisah sukses brand, serta bagaimana brand mengembangkan bisnisnya di TikTok dan TikTok Shop, silakan kunjungi https://seller-id.tiktok.com/. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT