16 October 2022, 11:40 WIB

Enam Jurus Membentengi Akun Twitter dari Penipu Online


Mediaindonesia.com | Teknologi

AFP/Lionel Bonaventure.
 AFP/Lionel Bonaventure.
Logo Twitter.

PARA penipu online semakin lihai mencari celah untuk mengelabui korban di dunia maya. Salah satu misalnya yaitu menggunakan identitas palsu dan meniru akun seseorang atau organisasi.

Twitter Indonesia membagikan enam cara supaya akun tetap aman dan tidak terjerat penipu online. Berikut rinciannya.

Kata sandi kuat

Sangat penting untuk melindungi akses ke akun Twitter, salah satunya dengan menggunakan kata sandi yang kuat. Twitter menyarankan kata sandi minimal 10 karakter yang acak. Simpan kata sandi pada aplikasi pengelola supaya tidak lupa.

Jaga akses akun 

Jangan sembarangan membagikan nomor ponsel, email, dan nama pengguna. Sementara untuk kata sandi dan kode sekali pakai, jangan pernah bagikan kepada siapa pun. Jika melihat aktivitas mencurigakan, segera ubah kata sandi akun.

Autentikasi dua faktor

Autentikasi dua faktor atau two-factor authentication ialah lapisan keamanan ekstra untuk masuk ke akun pengguna. Twitter akan meminta pengguna memasukkan kode saat login untuk memastikan dia pemilik akun. Nyalakan fitur ini untuk melindungi akun dari penipu.

Jaga keamanan DM 

Jangan membuka apalagi mengunduh dokumen jika mendapat pesan pribadi DM dari orang yang tidak dikenal. Segera hapus pesan itu. Pengguna bisa mengatur siapa saja orang yang bisa mengirimi DM.

Laporkan ke Twitter 

Jika menerima spam melalui DM atau mendapati akun disusupi, laporkan aktivitas itu ke Twitter. Platform Twitter tidak pernah meminta pengguna memberikan kata sandi. 

Perbarui aplikasi 

Selalu perbarui aplikasi Twitter baik di ponsel maupun komputer untuk mendapatkan perlindungan terkini. (Ant/OL-14)

BERITA TERKAIT