05 October 2022, 11:17 WIB

Google Berencana Luncurkan Fitur Baru untuk Search dan Maps


Basuki Eka Purnama | Teknologi

AFP/Kirill KUDRYAVTSEV
 AFP/Kirill KUDRYAVTSEV
Logo Google

PERUSAHAAN teknologi Google dalam tajuk Search On, mengumumkan akan segera meluncurkan beberapa fitur baru untuk pencarian (Search) dan peta (Maps).

Baca juga: Maksimalkan Bisnis di Ranah Digital Lewat Google My Bussiness, Begini Caranya

"Pada Search On tahun ini, kami membagikan bagaimana kemajuan dalam machine learning mendorong kami untuk semakin dekat untuk membuat pengalaman Search yang mencerminkan cara kita, sebagai satu individu, memahami dunia," kata Google dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (5/10).

Berikut adalah ringkasan fitur baru yang akan diluncurkan secara global dalam beberapa bulan mendatang.

Multisearch 

Di Google app, pengguna dapat mengambil gambar atau menggunakan tangkapan layar dan menambahkan teks ke dalamnya.

Raksasa teknologi itu mengatakan, ini mewakili cara penelusuran yang terbaru, dan memungkinkan Google membantu dengan pertanyaan yang sebelumnya tidak dapat diajukan.

Multisearch tersedia dalam bahasa Inggris secara global, dan akan hadir di lebih dari 70 bahasa dalam beberapa bulan ke depan.

Lens AR Translate

Dengan kemajuan besar dalam machine learning, Google dapat memadukan teks yang diterjemahkan ke dalam gambar yang kompleks, sehingga terlihat jauh lebih alami dan terasa mulus.

"Daripada menutupi teks asli, kami menghapusnya, membuat ulang piksel di bawahnya dengan latar belakang yang dihasilkan AI, dan kemudian melapisi teks terjemahan di atas gambar dengan mulus," kata Google.

Google juga telah mengoptimalkan model machine learning-nya sehingga memungkinkan platform dapat melakukan semua ini hanya dalam 100 milidetik.

Ini menggunakan generative adversarial networks (model GAN), yang membantu mendukung teknologi di balik Magic Eraser pada Pixel. Pengalaman ini diluncurkan pada akhir tahun.

Di kesempatan yang sama, dengan memanfaatkan kemajuan terbaru dalam visi komputer dan model prediktif, Google berinovasi di luar peta 2D-nya untuk membuatnya lebih visual dan imersif, memungkinkan pengguna untuk mengalami suatu tempat dengan cara multi-dimensi.

Neighborhood Vibe

Dengan Neighbourhood Vibe, pengguna akan dapat memilih lingkungan dan melihat tempat paling populer secara lebih dinamis berkat foto dan informasi bermanfaat dari komunitas Google Maps langsung di peta.

Untuk melakukan ini, Google menggabungkan AI dengan pengetahuan lokal dari pengguna Google Maps yang menambahkan lebih dari 20 juta kontribusi ke peta setiap hari; seperti ulasan, foto, dan video.

Pengguna akan mulai melihat pengalaman visual pertama ini diluncurkan secara global di Android dan iOS dalam beberapa bulan mendatang.

Landmark Aerial Views

Lihat 250 pemandangan udara fotorealistik dari landmark global utama di dunia, langsung dari Google Maps. Peluncuran ini menandai langkah signifikan menuju transformasi ke peta yang lebih imersif, dan diluncurkan secara global pada akhir September.

Immersive View 

Fitur yang mampu membuat pengguna mendapatkan pemahaman mendalam tentang kota dengan pemandangan yang memukau, menggabungkan pemandangan udara yang menakjubkan dengan cuaca, lalu lintas, dan keramaian pada hari dan waktu tertentu.

Diluncurkan di Los Angeles, London, New York, San Francisco, dan Tokyo dalam beberapa bulan mendatang.

Search with Live View 

Jelajahi dengan cara terbaru melalui Search dengan Live View. Cukup angkat ponsel untuk menemukan tempat-tempat penting seperti toko, ATM, dan restoran saat pengguna dalam perjalanan. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT