30 September 2022, 19:23 WIB

Jaga Loyalitas Pelanggan di Media Sosial, Begini Caranya


Mediaindonesia.com | Teknologi

Freepik.com
 Freepik.com
Ilustrasi media sosial

MEDIA sosial selain dijadikan sarana berbagi momen pribadi, juga dijadikan sarana pemasaran digital. Namun, banyaknya pelaku usaha yang memanfaatkan media sosial, membuat isu loyalitas pelanggan di ranah digital terus mencuat.

Business Consultant & Praktisi Literasi Digital Syarif Maulana menyebutkan, ada 4 tips membangun loyalitas pelanggan. Pertama, jadikan pelanggan member dengan memberikan banyak keuntungan kepada pelangggan. Kedua, lakukan analisa data pelanggan. Ketiga, selalu menginformasikan produk baru dan promo kepada pelanggan yang sering membeli produk Anda. 

"Ke empat. Beri perhatian lebih kepada pelanggan yang melakukan pembelian dengan frekuensi yang sering dan dalam jumlah besar," papar Syarif dalam webinar bertajuk Tips Digital : Membangun Loyalitas Pelanggan via Media Sosial yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi. 

Ketua Umum Sobat Cyber Indonesia Virna Lim menambahkan, komunikasi dan pelayanan akan menjadi hal yang penting dalam mendukung membangun loyalitas pelanggan. 

Selain itu, ada 3 tips yang dapat dilakukan untuk tetap beretika dalam melayani dan berkomunikasi dengan pelanggan. Pertama, selalu memberikan sapaan setiap kali memulai percakapan dengan konsumen. Kedua, gunakan kalimat dan bahasa yang sopan setiap kali berkomunikasi dan melayani pelanggan. 

Terakhir,selalu memberikan respon yang cepat setiap kali ada komplain dan pertanyaan dari pelanggan," jelas Virna.

Relawan MAFINDO Jakarta Sukma Nurjagat melengkapi pembahasan mengenai tips membangun loyalitas pelanggan via media sosial ditinjau dari perspektif keamanan digital. 

Baca juga : Simak, Ini Tips Maksimalkan Pemasaran Lewat E-Commerce

Menurutnya, ada 3 aktivitas sederhana yang dapat dilakukan menjaga keamanan perangkat. Pertama, tidak sembarangan memberikan informasi data pelanggan kepada pihak luar. Kedua, tingkatkan keamanan sistem dengan melakukan pembaharuan password secara berkala. 

Terakhir, tidak sembarangan dalam klik link yang bersumber bukan dari sumber yang jelas dan terpercaya," ujar Sukma Nurjagat.

Webinar itu merupakan bagian dari program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi Kemenkominfo pada 2021 untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia.

Berdasarkan survei Nasional Kemenenkominfo dan Katadata pada 2021, tingkat literasi digital masyarakat Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 5 atau masih kategori sedang belum mencapai kategori baik.  

Program Cakap Digital yang fokus pada 4 pilar digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital pun diluncurkan dan menargetkan peringkat literasi divital Indonesia meningkat. 

"Pada tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat. Kinerja literasi digital pun mulai menunjukkan peningkatan dari segi kualitas. Peluang kecakapan digital tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal, mengingat kita memiliki potensi sumber daya manusia yang besar”, ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT