01 August 2022, 16:03 WIB

Memahami Masa Depan Blockchain dan Cryptocurrency di Indonesia


Mediaindonesia.com | Teknologi

Dok. Ashtara Consulting
 Dok. Ashtara Consulting
Diskusi mengenai masa depan blockchain dan Cryptocurrency

ASHTARA Consulting bekerja sama dengan IESPA (Indonesia Esports Association) DKI Jakarta dan HIPMI Jaya menyelenggarakan kegiatan diskusi mengenai teknologi blockchain dan cryptocurrency dalam industri gaming dan keuangan di masa depan.

Bendahara Umum IESPA Rafif Rizqullah mengajak seluruh masyarakat untuk ikut serta dalam memahami adanya masa depan pada industri blockchain dan cryptocurrency di tengah peralihan ke masa endemi saat ini. 

Menurut Rafif, perkembangan dari implementasi teknologi blockchain dan kripto terus berkembang dalam kehidupan sehari-hari yang hingga saat ini secara nyata sudah terlihat dari pengimplementasian-nya pada sektor gaming dan Keuangan di Indonesia. 

Hal tersebut senada dengan arahan Ketua Umum IESPA Ibnu Riza dalam sambutannya di Fornas Palembang dalam beberapa waktu lalu bahwa gaming dan e-sport industry sudah masuk menjadi lifestyle dalam kehidupan sehari hari

"Saya juga melihat bahwa kedua industri tersebut merupakan dua sektor industri dengan pertumbuhan terpesat dalam kurun waktu 3 tahun terakhir," kata Rafif. 

Rafif menambahkan, Industri teknologi blockchain, termasuk industri cryptocurrency dan non-fungible tokens (NFT) puncaknya mengalami perkembangan pesat pada masyarakat di dunia, khususnya mengalami peningkatan yang signifikan saat Pandemi Covid-19 dan bersamaan dengan berkembang pesatnya industri gaming, karena masyarakat yang lebih sering melakukan kegiatan di rumah masing-masing. 

Baca juga : Literasi Digital Mumpuni Permudah Asuh Anak Digital Native

Rafif menggandeng Bapak Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, sebagai Bapak Tokoh Perkembangan Blockchain dan Crypto di Indonesia untuk dapat terus menstimulasi dan mengakselarasi pengaplikasian teknologi blockchain dan kripto dalam kerangka pengembangan Web 3.0 dalam kehidupan sehari-hari di industri lainnya. 

Jerry Sambuaga memastikan, pemerintah akan terus mengawal perkembangan ini dengan peningkatan koordinasi kelembagaan demi terciptanya industri yang sehat dan dapat menciptakan nilai ekonomi bary di masyarakat.

"Saat ini dunia kembali normal bahkan masuk ke era Endemi, tentunya tatanan sosial dan ekonomi mengalami perubahan walaupun perlahan tetapi pasti. Aktivitas digital membuat manusia menjadi mudah dalam melakukan transaksi apapun," ujarnya. 

Ketua Umum IESPA DKI Anindyo Haskoro Suhardono menyambut baik inisiatif itubdan berharap kedepannya kegiatan diskusi seperti itu dapat diselenggarakan secara berkala sebagai upaya pendidikan kepada masyarakat, agar dimasa Endemi industri blockchain dan cryptocurrency mampu bertahan dan menjadi alternatif dalam transaksi keuangan yang ideal.

"Harapannya dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat terus ikut serta dalam pengembangan dunia digital terutama pada industri blockchain dengan segala ekosistem pendukung agar terus melahirkan berbagai inovasi baru termasuk pada cryptocurrency," ujarnya. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT