28 July 2022, 11:28 WIB

Pekerjaan dan Bisnis Beralih ke Online, Intip Peluang Kariernya


Mediaindonesia.com | Teknologi

freedesignfile.com
 freedesignfile.com
Ilustrasi

Transformasi digital membawa perubahan besar pada jenis pekerjaan dan bisnis yang berkembang saat ini. Pandemi Covid-19 yang terjadi selama 2 tahun lebih juga turut mempercepat perubahan ke arah digitalisasi. Di mana masyarakat kini telah terbiasa memanfaatkan teknologi untuk kehidupan sehari-hari.

"Data BPS 2018 mengungkapkan bahwa tiga dari sub indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) Indonesia yaitu akses dan infrastruktur, intensitas penggunaan dan keahlian atau kecakapan, sub indeks keahlian yang memiliki skor paling rendah," kata Dekan IAI Dalwa dan Ketua Umum Relawan TIK Jawa Timur, Novianto Puji di Kediri, Jawa Timur, Selasa (26/7).

Dia mengatakan, kecakapan digital bukan sekadar mengetahui dan memakai teknologi digital saja. Namun meliputi kemampuan mengakses, mencari, menyaring, memanfaatkan setiap data dan informasi yang diterima, serta didistribusikan dari dan ke berbagai platform digital yang dimiliki.

Lebih lanjut Novianto mengatakan era digital juga membawa banyak bidang pekerjaan dan bisnis menjadi online. Jika dulu mall begitu ramai dikunjungi, kini transaksi belanja lebih banyak dilakukan secara online. Markerplace kini menjadi tempat bertemunya penjual dan pembeli dengan nilai transaksi yang terus berkembang pesat.

Sementara pekerjaan yang dulunya dikerjakan manusia sebagian sudah digantikan robot seperti kasir dan petugas parkir. Kini ada tren pekerjaan seperti content creator, software enginering, social media specialist, cyber security enginer, serta digital marketing. Dengan perubahan ke arah digitalisasi tersebut, maka diharapkan masyarakat bisa beradaptasi agar tetap dapat bertahan hidup. (OL-12)

BERITA TERKAIT