18 July 2022, 19:25 WIB

Waspada dan Teliti saat Berbelanja Online


Mediaindonesia.com | Teknologi

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
 ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Warga menggunakan gawainya untuk berbelanja daring di salah satu situs belanja daring di Bogor, Jawa Barat.  

Perubahan gaya hidup menjadi serba digital menawarkan kemudahan dan kepraktisan dalam melakukan berbagai aktivitas. Sekarang tidak perlu bertatap muka ketika belanja. Transaksi jual-beli online dilakukan melalui lokapasar maupun media sosial.

Transaksi online tidaklah 100 persen aman. Meski demikian, banyak orang tetap melakukannya karena memudahkan pencairan barang yang dibutuhkan. Sehingga keamanan transaksi tergantung ketelitian individu.

Berbelanja melalui lokapasar misalnya, individu bisa mengecek kredibiltas setiap toko dengan melihat jumlah pembeli dan rating yang diberikan pembeli lainnya. Di sisi lain, individu yang cakap digital tidaklah mudah tergiur dengan harga promo, karena banyak penjual kerap melakukan penipuan dengan mengirim barang yang tidak sesuai.

“90 persen masyarakat indonesia pernah belanja online. Hal ini menunjukkan belanja online sudah menjadi hal biasa, khususnya ketika pandemi. Kita tidak perlu keluar rumah, segala sesuatu dibeli secara online,” kata Korwil Mafindo Bekasi Raya, Erie Heriyah di Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (16/7).

“Dengan mengenal ekosistem transaksi daring, dompet digital, lokapasar, dan transaksi digital lebih baik, kita bisa terhindar dari kegiatan terkait yang merugikan,” tutup dia. (OL-12)

BERITA TERKAIT