05 July 2022, 14:21 WIB

Fungsikan Media Sosial untuk Berkarya Produktif dan Positif


Mediaindonesia.com | Teknologi

Thinkstock
 Thinkstock
Ilustrasi

Media sosial memiliki manfaat beragam. Setiap orang bisa menjadikannya tempat hiburan, menambah teman, tempat belajar, dan tempat beropini. Ada juga yang memanfaatkannya sebagai media berkarya.

“Apapun fungsi media sosial buat teman-teman. Tidak masalah selama baik dan positif. Tapi kita juga bisa bersama-sama produktif dan menghasilkan dari media sosial,” kata Entrepreneur & Founder of Coffee Meets Stocks, Billy Tanhadi di Lamongan, Rabu (29/6).

Sekarang ini masyarakat sudah cukup produktif membuat beragam konten di media sosial. Namun, banyak orang belum menyadari media sosial berpotensi menjadi lapangan pekerjaan dan berkarier.

Influencer dan konten kreator, bisnis oline, dan konsultan sosial media. Tiga pekerjaan ini baru ada setelah kehadiran media sosial. Masyarakat bisa mengambil langkah kecil untuk memulai, di awali memilih media sosial yang paling mudah, kemudian tentukan konten yang dikuasai, dan belajar dari Google atau YouTube. “Tenang, mulai aja dulu. Keahlian akan muncul ketika melakukan sesuatu secara berulang,” kata Billy.

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Dapat dikatakan pengguna internet mencapai 61.8% dari total populasi Indonesia.

Menurut Survei Literasi Digital di Indonesia pada tahun 2021, Indeks atau skor Literasi Digital di Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 1-5. Skor tersebut menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori sedang. (OL-12)

BERITA TERKAIT