28 June 2022, 19:49 WIB

CMI Indonesia-Tencent Cloud Siapkan Solusi Cloud untuk Konektivitas Satu Atap 


Mediaindonesia.com | Teknologi

Freepik.com
 Freepik.com
Ilustrasi teknologi cloud

CMI Indonesia (CMI) bekerja sama dengan Tencent Cloud memperkenalkan Cloud Network Integration Solution. Produk ini menjadi salah satu solusi dari permasalahan yang biasanya dialami oleh para pebisnis yang melakukan transformasi digital.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan mulai memasukkan teknologi cloud (komputasi awan) ke dalam rencana transformasi digital mereka.

Managing Director CMI Indonesia Daniel Zhang mengatakan, sebagai penyedia solusi cloud di pasar Indonesia, CMI dan Tencent bekerja sama untuk menyediakan teknologi tercanggih, produk dengan kualitas terbaik dan layanan yang kompeten, harga paling kompetitif dan solusi satu atap yang paling nyaman kepada seluruh pelanggan. 

“Teknologi cloud yang tumbuh begitu pesat perlu diimbangi dengan konektivitas yang bisa mendukung fleksibilitas dan agility dari cloud,” ujarnya. 

CMI bekerja sama dengan hampir seluruh cloud provider dan SaaS provider untuk menawarkan one stop cloud solution kepada pelanggan CMI. 

Senior Solution Manager CMI Indonesia David Chen menjelaskan, di sisi network, pengalaman ekstensif yang dimiliki CMI menawarkan berbagai pilihan connectivity seperti cloud connect, SDWAN, maupun application acceleration network untuk terkoneksi ke berbagai cloud provider yang tersedia. 

“CMI menyadari tantangan tersebut, sehingga meluncurkan solusi multi cloud dimana kami mengintegrasikan solusi cloud dan network menjadi satu kesatuan,” jelasnya.

Baca juga : MGID Mungkinkan Detik Pertahankan Kendali Penuh atas Konten Iklan

Senior Solution Architect Tencent Cloud Paisan Areeprasertkul mengatakan, Tencent Cloud bekerjasama dengan Indonesia China Mobile berdasarkan kemajuan jaringan CMI untuk menghubungkan seluruh pusat data Tencent melalui kekuatan dan kecepatan tinggi khususnya. 

Tencent Cloud mengembangkan akselerasi secara global untuk melayani dan meningkatkan pengalaman pengguna online. 

“Tencent Cloud telah melayani bisnis di Indonesia melalui 2 pusat data lokal kami, untuk menguatkan layanan streaming video, solusi eSports, dan perbankan digital,” terangnya.

Dalam rangka mensinergikan solusi cloud dan network yang ada, CMI membangun one stop portal yang diberi nama mCloud. Dalam portal tersebut, pelanggan dapat melakukan ordering, provisioning, monitoring dan mengelola seluruh layanan cloud yang ada di satu dashboard.

Ketika menggunakan Cloud Connect, pengguna mendapatkan berbagai kemudahan seperti stabilitas dan fleksibilitas dari connectivity antara customer site dan cloud provider.

“Teknologi SDN (Software Defined Network) yang digunakan oleh cloud connect mempercepat waktu deployment yang dibutuhkan oleh pelanggan, karena didukung oleh jangkauan network yang tersedia di hampir semua regional Asia pasifik, Amerika, hingga Eropa.” papar David Chen.

Cloud connect juga menyediakan connectivity di hampir semua public cloud yang ada di market. Seperti Tencent Cloud, AWS, Alibaba, Microsoft Azure, Google GCP hingga Huawei CLoud. Uniknya lagi ditambah dengan ketersediaan cross border connection menuju China dimana tidak banyak provider menyediakan solusi ini. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT