03 June 2022, 18:23 WIB

Usir Virus di Dalam Rumah, Amway Terus Berinovasi Hasilkan Penjernih Udara Berkualitas Tinggi


Mediaindonesia.com | Teknologi

Dok. Amway
 Dok. Amway
Ilustrtasi penjernih udara Amway

POLUSI udara telah lama menjadi masalah bagi kesehatan manusia, terutama penduduk di perkotaan. Dari polusi udara di jalanan hingga di dalam rumah, dari yang berukuran besar seperti butiran pasir hingga yang berukuran kecil seperti emisi pembakaran logam, dan yang berukuran mikroskopis seperti virus dan bakteri yang berterbangan dan menempel di barang-barang di rumah, semuanya berbahaya untuk dihirup. 

”Secara rata-rata, setiap harinya kita menghirup 11.000 liter udara dan sudah tentu tidak semua udara yang kita hirup adalah udara bersih. Polutan dan kontaminan berbahaya bagi tubuh, tanpa kita sadari, terdapat di udara yang kita hirup sehari-sehari, bahkan yang di dalam ruangan. Ketika udara tercemar, partikel dan kontaminan ini masuk ke dalam pernapasan bersama dengan oksigen yang dibutuhkan tubuh,” ujar Tri Susandari, Durables Product Manager Amway Indonesia dalam keterangannya.

Setiap partikel yang terhirup memiliki ukuran yang berbeda-beda. Semakin kecil ukurannya, semakin dalam ia bisa menembus tubuh. Jika PM 2.5 yang berukuran 2.5 mikron saja bisa masuk jauh hingga ke paru-paru dan aliran darah, apalagi partikel yang lebih kecil dan mikroskopis, seperti virus dan bakteri.

Tri menjelaskan, virus memiliki ukuran yang sangat kecil dan mudah masuk ke tubuh manusia. Diantaranya virus influenza penyebab flu yang berukuran 0,098 mikron, rhinovirus yang menyebabkan batuk-pilek berukuran 0.023 mikron, virus hepatitis A penyebab hepatitis berukuran 0.033 mikron, adenovirus penyebab infeksi saluran pernapasan atas berukuran 0,0793 mikron, dan coronavirus yang menyerang sistem pernapasan berukuran 0,113 mikron. 

Melihat fakta itu, Amway berinovasi dengan menghadirkan penjernih udara Atmosphere Air Treatment System yang menggunakan teknologi HEPA class 13 (H13) dengan standard EN 1822 dan mengkombinasikan: sensor partikel, sistem filtrasi 3 tahap, dan motor housing yang unik, untuk menghasilkan udara bersih. 

"HEPA class 13 (H13) dengan standard EN 1822 itu sendiri adalah salah satu jenis filter HEPA dengan standar filtrasi tertinggi dan  berstandar medis seperti yang terdapat pada laboratorium medis dan rumah sakit," ujar Tri.

Baca juga : Start-up Lebih Hemat Gunakan Layanan Cloud

Atmosphere Air Treatment System memiliki sister penyaringan yang terdiri dari Pre-Filter, Filter HEPA H13, dan Filter Odor. Pre-Filter menyaring partikel-partikel besar seperti debu dan sejenisnya. Filter HEPA H13 mengurangi lebih dari 300 patogen dan partikulat seperti virus, serbuk sari, tungau, jamur, bakteri, debu, asap, allergen hewan rumah, bahkan yang berukuran sekecil 0,0024 mikron sekalipun.

Filter HEPA 13 juga menangkap lebih dari 15 kontaminan gas yang berbeda seperti: Benzene, Formaldehyde, Ozone, Nitrogen di-oxide, dan Sulfur di-oxide. Filter Odor menghilangkan formaldehida, dioksin, dan ozon serta bau tak sedap seperti rokok, masakan dan hewan peliharaan. 

Baru-baru ini Amway Indonesia meluncurkan Atmosphere Mini Air Treatment System yang berukuran kecil dan memudahkan pengguna untuk memindahkannya. Produk ini memiliki filter 3-in-1 yang sangat praktis untuk dibersihkan, dibongkar-pasang dan diganti. 

Produk itu telah mendapatkan sertifikasi dari Allergy UK Seal of Approval dan Association of Home Appliance Manufacturers Verified Seal, serta dari Energy Star sebagai produk yang aman dan hemat listrik.

"Dengan banyaknya masalah kesehatan yang disebabkan oleh polusi, rasanya penjernih udara sudah menjadi kebutuhan hidup masyarakat. Jika terlalu sulit bagi kita untuk mengendalikan kondisi udara di luar rumah, paling tidak kita bisa mulai memperhatikan kualitas udara di dalam rumah," pungkas Tri. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT