02 June 2022, 13:20 WIB

TKDN Perkenalkan Solusi Teknologi Keamanan Transportasi dan Pemantauan Armada


Mediaindonesia.com | Teknologi

DOK Pribadi.
 DOK Pribadi.
Semua perangkat tersebut dilengkapi dengan artificial intelligence (AI).

SOLUSI TAM Fleet (IoT smart bus system integrator) merupakan teknologi keamanan dan pengawasan armada yang bertujuan meningkatkan pelayanan serta memaksimalkan dan efisiensi operasional sesuai dengan kebutuhan industri transportasi di Indonesia. Adapun produk dan perangkat dari TAM Fleet antara lain driver monitoring system (DSM) dan advanced driver assistance systems (ADAS).

DSM dan ADAS mampu melakukan verifikasi identitas, perilaku pengemudi, pengawasan jalan. dan sensor alarm. Ada juga perangkat kamera CCTV serta alat sensor penghitung jumlah penumpang otomatis, yaitu automatic passanger counting (APC). Semua perangkat tersebut dilengkapi dengan artificial intelligence (AI). "Uniknya, beragam perangkat tersebut mampu diintegrasikan dengan sistem platform dashboard yang dapat menyesuaikan kebutuhan perusahaan (kustomisasi)," ujar Direktur Utama PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN) Rudy Budiman dalam keterangan tertulis, Kamis (2/6).

TKDN menawarkan solusi TAM Fleet solusi sistem keamanan dan pemantauan armada pada Rabu (1/6) di acara Golf Bareng Bimo Cup-Series 2.0, Klub Golf Bogor Raya, Jawa Barat. Acara ini diikuti lebih dari 100 partisipan yang berasal dari berbagai perusahaan transportasi, karoseri, dan operator di Indonesia. TKDN menjadi salah satu sponsor utama dalam acara golf kali ini dan mendirikan booth pameran dalam acara tersebut.

Acara golf itu merupakan rangkaian kali kedua yang diadakan sebagai ajang bertukar pengalaman dan diskusi dalam mengembangkan transportasi di Indonesia. Hal ini terlihat dari ramainya booth TKDN yang dikunjungi oleh peserta. "Saya mengapresiasi terselenggaranya acara ini, apalagi situasi saat ini sudah mulai membaik dalam berbagai sektor. Saya yakin kita semua di sini punya visi yang sama, yaitu ingin memajukan transportasi Indonesia. Dengan acara seperti ini, bisa membuka ruang diskusi dengan suasana yang lebih santai," imbuh Rudy.

TKDN berdiri sejak 2015 dan hadir untuk memberikan solusi sistem layanan bagi transportasi dan armada dengan menggabungkan teknologi terkini untuk kemudahan bisnis dan usaha, terutama sektor transportasi dan mendukung smart city. Adapun solusi/services yang ditawarkan yakni software as a service, transport payment solutions, dan IoT and telematics smart bus (TAM Fleet), business process outsourcing (BPO). "Dengan teknologi dan solusi yang kami tawarkan kepada pelanggan B2B, khususnya di bidang transportasi, kami berharap semoga transportasi Indonesia semakin maju dan modern sehingga semakin banyak orang beralih dari transportasi pribadi ke trasnportasi umum," tutup Rudy. (OL-14)

BERITA TERKAIT