25 May 2022, 23:45 WIB

Solve Education! Merangkul Pemda, Ajak Anak Muda Belajar Sambil Bermain Gim


Bayu Anggoro | Teknologi

MI/BAYU ANGGORO
 MI/BAYU ANGGORO
Solve Education! menggulirkan gim untuk pendidikan

 

SOLVE Education! terus berkomitmen memberikan edukasi yang
berkualitas melalui solusi digital berbasis gim yang menarik dan
menyenangkan. Melalui gim pendidikan Dawn of Civilization dan Ed the
Learning Bo
t, Solve Education! mengajak peserta didik untuk belajar
sambil bermain.

Salah satu program unggulannya adalah pendidikan bahasa Inggris sebagai
bahasa pengetahuan dan pemersatu dunia menjadi sangat penting untuk
dikuasai oleh anak Indonesia pada masa kini dan akan datang agar lebih
kompetitif dalam meraih cita-cita mereka. Sayangnya, tingkat
keterampilan bahasa Inggris di Indonesia masih harus ditingkatkan,
dengan peringkat 5 dari 9 negara di ASEAN.

Melihat fakta ini, Solve Education! bertekad untuk membantu anak muda Indonesia meningkatkan kompetensi bahasa Inggris untuk mengakses
keahlian yang berguna untuk masa depan mereka melalui solusi berbasis
game.

Direktur Pelaksana Solve Education Indonesia Talitha Amalia
mengatakan pendekatan belajar bahasa Inggris melalui game yang dilakukan oleh Solve Education! sejalan dengan hasil survei dari Rakuten Insight pada bulan Maret 2022, yang menyatakan bahwa 72% responden Indonesia berusia 16-24 tahun bermain online game.

Survei tersebut juga menyatakan bahwa kebanyakan pemain game dari
Indonesia bermain online game setiap hari. Maka dari itu, game cocok
digunakan sebagai media belajar karena sifatnya yang menyenangkan,
sehingga pelajar dapat mengakses pembelajaran tanpa merasa bahwa mereka
sedang belajar.

"Ini sejalan dengan kutipan yang disampaikan Mendikbudristek Nadiem
Makarim dalam beberapa kesempatan bahwa belajar itu harus menyenangkan," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (25/5).

Platform belajar Solve Education! menunjukkan dampak yang besar terhadap para pelajar.

Hingga 2021, pengguna platform Solve Education! memainkan 2,4 juta
mini-lesson dan 66 tantangan belajar. Sebanyak 91% pelajar menunjukkan
peningkatan setelah belajar di platform game Dawn of Civilization dan Ed the Learning Bot.

Solve Education juga menemukan bahwa fitur-fitur permainan seperti
aliansi, misi, dan papan peringkat membantu pelajar meningkatkan
kemampuan bahasa Inggris mereka. Solve Education! bekerja sama dengan
berbagai mitra untuk menjangkau lebih banyak orang.

Pada tahun ini, Solve Education! melanjutkan kemitraan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan memulai kemitraan dengan Pemerintah Kota Semarang. Kerja sama antara Solve Education! dengan pemerintah daerah ini menjangkau sekolah-sekolah dan komunitas belajar lokal yang
membutuhkan program pendidikan relevan di abad 21.

Kemitraan ini tak terbatas dengan pemerintah daerah; Solve Education!
telah bermitra dengan sponsor korporasi dan organisasi pendidikan
lainnya yang mempunyai semangat untuk memajukan kualitas SDM di negeri
ini.

Solve Education! adalah organisasi nirlaba yang berkomitmen untuk membantu anak-anak dan remaja di seluruh dunia baik yang berada di sekolah, tidak bersekolah, atau merasa pendidikan tradisional yang mereka terima tidak efektif.

Solve Education! membangun platform terbuka berbasis gim agar proses
belajar menjadi menarik dan menyenangkan. Tim Solve Education! terdiri
dari ahli pendidikan, ahli teknologi, guru dan eksekutif bisnis
berpengalaman yang berkomitmen untuk menutup kesenjangan pendidikan di
Indonesia, sedikit demi sedikit.

Pada 2020, Solve Education! mendapat penghargaan dari Kementerian
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai pembuat game pendidikan terbaik
dalam skala nasional. Selain itu, Solve Education! juga adalah pemenang
Singtel Future Makers di tahun 2017. (N-2)

BERITA TERKAIT