09 May 2022, 09:00 WIB

Ini Tips Membuat Kata Sandi yang Kuat


Basuki Eka Purnama | Teknologi

Medcom
 Medcom
Ilustrasi

KITA sudah lama akrab dengan kata kata sandi. Kita menggunakan kata sandi untuk masuk ke berbagai akun yang ada di komputer atau ponsel.

Laman Cnet melaporkan kata sandi digunakan sejak ukuran komputer mengecil dan bisa ditaruh di meja. Seiring perkembangan zaman, semakin banyak teknologi yang digunakan untuk mengamankan kata sandi.

Sejumlah perusahaan internet sedang mencari cara untuk menggantikan fungsi sandi, agar pengguna bisa masuk ke akun tanpa memasukkan kata sandi.

Baca juga: Ini Alasan Kata Sandi Minimal Delapan Karakter

Sambil menantikan cara baru untuk login akun tanpa kata sandi, berikut ini cara yang bisa digunakan untuk memperkuat keamanan akun internet.

1. Panjang

Semakin panjang kata sandi, semakin baik perlindungan yang diberikan. Pakar berpendapat kata sandi terbaik berukuran 16 karakter bisa menangkal akun dibobol menggunakan perangkat lunak untuk menembus kata sandi.

Perlindungan terbaik diberikan oleh kata sandi 16 karakter berisi karakter acak. Tapi, dalam kebanyakan situasi, kombinasi tiga kata yang tidak berkaitan, cukup untuk memberikan keamanan pada akun internet.

Karakter khusus seperti tanda seru atau simbol juga bisa digunakan untuk memperkuat kata sandi.

Hal yang paling perlu diingat, jangan pernah menggunakan tanggal lahir untuk kata sandi karena sangat mudah ditebak oleh peretas. Judul lagu dan kutipan terkenal juga bukan pilihan yang baik untuk kata sandi.

2. Jangan daur ulang

Meski pun menggunakan karakter yang panjang, selalu ada kemungkinan untuk dicuri dan diretas. Cara yang paling mudah adalah jangan menggunakan kata sandi yang sama untuk semua akun.

Untuk mengatasi hal ini, pengguna bisa memanfaatkan manajer kata sandi atau password manager, baik yang berbayar atau gratis.

3. Perbarui

Pakar masih berdebat apakah pengguna internet harus mengganti kata sandi secara berkala. Tapi, jika terdeteksi diretas, pengguna harus segera mengganti kata sandi.

4. Privasi

Biasakan tidak membagikan hal-hal yang personal di media sosial. Platform media sosial bisa menjadi jalan masuk untuk mencuri informasi pribadi.

Kuis yang sering diadakan di media sosial sering kali menjadi samaran untuk mencuri data pribadi, misalnya mencari tahu di mana tempat favorit untuk berlibur. Tempat tersebut bisa saja dijadikan kata sandi.

5. Verifikasi dua langkah

Verifikasi dua langkah atau two-factor authentication sangat disarankan untuk keamanan tambahan selain kata sandi.

Jika mungkin, hindari 2FA yang mengirimkan kode ke SMS untuk menghindari pencurian data dengan SIM swap. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT