19 April 2022, 18:22 WIB

BRI dan Traveloka Luncurkan Fitur Travel di Aplikasi BRImo


mediaindonesia.com | Teknologi

Ist
 Ist
Iko Putera, CEO of Transport, Traveloka (kiri) dan Dhoni Ramadi, Executive Vice President Retail Payment Division BRI.

INOVASI terus dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai bagian dari transformasi yang dijalankan oleh perusahaan. Kali ini, BRI menghadirkan terobosan untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi kebutuhan traveling.

Hal itu diwujudkan melalui kerja sama BRI bersama lifestyle superapp, Traveloka untuk menghadirkan fitur Travel pada layanan mobile banking BRI, yakni BRImo.

Peluncuran fitur Travel dalam aplikasi BRImo ini memungkinkan nasabah BRI untuk membeli tiket pesawat, hotel, bus & shuttle dari beragam mitra yang dimiliki Traveloka.

Kerja sama BRI dan Traveloka ini sekaligus mengakselerasi komitmen kedua perusahaan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan konsumen dalam memenuhi kebutuhan traveling.

Selain itu, hadirnya fitur Travel ini juga sekaligus mengantisipasi meningkatnya kebutuhan tiket akomodasi seiring kasus covid-19 yang semakin terkendali dan restriksi mobilitas yang semakin dilonggarkan pemerintah.

Terlebih, pemerintah juga telah mengizinkan adanya mudik lebaran yang akan berimplikasi positif terhadap percepatan pemulihan ekonomi di sektor pariwisata dan perjalanan. Sebelumnya, BRImo baru saja meluncurkan fitur Pusat Bantuan BRImo yang memudahkan adanya pengaduan terkait layanan mobile banking.

Hadirnya fitur Travel semakin mengukuhkan BRImo sebagai Financial Super Apps yang bisa melayani berbagai kebutuhan nasabah dalam satu aplikasi saja.

Baca juga: Good Doctor Gandeng AXA Perkuat Layanan Kesehatan Digital Inovatif

Direktur Bisnis Konsumer BRI, Handayani mengungkapkan kerja sama strategis bersama Traveloka diharapkan bisa menjadi solusi bagi nasabah yang ingin merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halaman.

“Dengan adanya kerja sama strategis dengan Traveloka kami harapkan dapat memberikan value tambahan kepada nasabah dan hal ini merupakan bagian dari transformasi BRI untuk memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi melalui BRImo SuperApps yang sudah terintegrasi dengan Traveloka," jelasnya.

"Sehingga nasabah tidak perlu lagi berpindah-pindah aplikasi untuk melakukan pembelian tiket. Transformasi ini juga sebagai wujud layanan kepada masyarakat dalam memberikan solusi digital perbankan dengan BRImo, khususnya menghadapi momen mudik Idul Fitri,” ungkap Handayani.

Nasabah dapat memesan berbagai tiket akomodasi perjalanan mulai dari pesawat, hotel, bus, dan shuttle dengan cepat, aman, dan nyaman melalui BRImo.

Fitur ini juga membantu para nasabah BRI dengan proses pemesanan yang praktis, mulai dari memilih dan memesan tiket transportasi dan akomodasi, mengisi tujuan perjalanan dan identitas diri sesuai kebutuhan pemesanan, melakukan pembayaran, hingga mendapat konfirmasi e-tiket.

Hadirnya fitur baru ini semakin meriah karena dilengkapi dengan berbagai promo menarik untuk nasabah.

Baca juga: Traveloka Berkomitmen Dukung Pemulihan Pariwisata Domestik

Tersedia tiket gratis untuk 500 nasabah pertama yang bertransaksi pembelian tiket bus & shuttle serta cashback hingga Rp50.000 setiap hari Rabu dengan menggunakan fitur Travel di aplikasi BRImo.

Tidak hanya itu, lima nasabah dengan nilai pemesanan terbesar (top spender) akan mendapat kesempatan memenangkan paket wisata domestik, dengan masing-masing pemenang memperoleh 2 paket hingga Juni 2022.

Alfan Hendro, Chief Operating Officer (COO), Traveloka menyampaikan “Kami percaya peran penting teknologi dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap berbagai macam kemudahan, kenyamanan, dan keamanan layanan yang mendukung pemenuhan kebutuhan mereka sehari-hari, termasuk melalui layanan digital banking."

"Kami sangat bangga Traveloka memiliki peranan penting dalam hal penguatan layanan digital Bank BRI melalui kehadiran fitur Travel di aplikasi BRImo," jelasnya.

"Kerja sama ini diharapkan dapat semakin memperluas jangkauan layanan kami, sehingga semakin banyak konsumen yang dapat merasakan kemudahan akses membeli tiket pesawat, hotel, serta bus dan shuttle dalam memenuhi kebutuhan perjalanan mereka.” ucap Alfan.

Di situasi pandemi yang semakin terkendali, Alfan berharap adanya kerja sama ini dapat menjadi stimulus untuk memulihkan perekonomian nasional.

Hal ini terlihat dari animo masyarakat dalam pemesanan tiket perjalanan yang sudah mengalami peningkatan signifikan.

“Peluncuran fitur ini juga sejalan dengan kondisi perjalanan dan wisata Indonesia yang berangsur-angsur mulai bangkit kembali," ujar Alfan.

Baca juga: Peringati Hari Kartini, BRI Group Apresiasi 7.000 Perempuan dalam WOMAN 2022

"Pemerintah juga telah membolehkan mudik tahun ini di mana kami mencatat peningkatan yang sangat tajam untuk pemesanan tiket pesawat dan hotel menjelang mudik lebaran kali ini," tuturnya.

"Bahkan untuk pemesanan tiket bus dan shuttle kami mencatat peningkatan hingga hampir dua kali lipat dibanding periode yang sama sebelum pandemi. Harapan kami, melalui peluncuran fitur Travel di aplikasi BRImo dapat mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional lewat sektor perjalanan dan pariwisata,” tambah Alfan.

Transformasi digital semakin memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari, salah satunya bertransaksi secara non-tunai yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Hal tersebut sejalan dengan kinerja sektor digital Bank BRI tumbuh pesat salah satunya didorong oleh BRImo.

Sampai dengan Maret 2022 terdapat 16,10 juta pengguna BRImo dengan laju transaksi finansial BRImo mencapai 313,88 juta yang tumbuh 238% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT